PENGARUH HARGA, KEPERCAYAAN DAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALISTAS PELANGGAN PADA PRODUK MEN’S BIORE DI KOTA PADANG

Authors

  • Sambri Saputra
  • Dahliana Kamener
  • . Irda

Abstract

Men's biore merupakan salah satu produk PT. Kao Indonesia yang memformulasikan sabun pembersih wajah khusus untuk pria. Produk ini mampu untuk memenuhi kebutuhan pria yang semakin sadar akan pemahaman mendalam tentang perawatan diri khusus perawatan kulit wajah. Namun kehadiran berbagai macam sabun pembersih wajah pria dipasaran dapat memberikan loyalitas yang berbeda bagi setiap konsumen untuk menentukan sabun pembersih wajah yang dipergunakan.

Richard (2002:6) mengatakan terdapat lima factor utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan, yaitu : kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional pelanggan, harga dan biaya. Selanjutnya Lau dan Lee (1999:341) memproposisikan bahwa kepercayaan terhadap merek akan menimbulkan loyalitas merek. Hal ini mengindikasikan dengan loyalitas seorang pada merek akan menimbulkan pelanggan loyal terhadap produk yang dipasarkan perusahaan tersebut. Kemudian menurut Durianto, dkk (2001:4) ekuitas merek merupakan seperangkat aset dan liabilitas merek yang terkait dengan suatu merek, nama, simbol yang mampu menambah atau mengurangi nilai yang diberikan oleh sebuah produk atau jasa baik pada perusahaan maupun pada pelanggan. Agar aset dan liabilitas mendasari brand equity, maka aset dan liabilitas merek harus berhubungan dengan nama atau sebuah simbol sehingga jika dilakukan perubahan terhadap nama dan simbol merek, beberapa atau semua aset dan liabilitas yang menjadi dasar brand equity akan berubah pula.

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh harga, kepercayaan dan ekuitas merek terhadap loyalitas pelanggan pada produk Men’s Biore di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel 80 orang dengan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling. Penelitan ini menggunakan tiga variabel independen yaitu harga, kepercayaan merek dan ekuitas merek serta satu variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa harga, kepercayaan dan ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada produk men’s biore dikota padang. Diharapkan perusahaan untuk memperhatikan penetapan harga agar menjadi relatif murah bagi pelanggan serta menyesuaikan harga dengan ukuran kemasan Produk Men’s Biore. Kemudian juga memperhatikan kepercayaan pelanggan terhadap produk dari segi karaktersitik konsumen merek dengan cara membuat pelanggan mampu menjadikan produknya sebagai pilihan produk pembersih wajah favorit serta menyesuaikan dengan kepribadian pelanggan dengan cara mempertahankan kualitas produk yang dihasilkan. Selanjutnya juga mampu membuat konsumen sadar akan merek, karena kebanyakan konsumen tidak menyadari produk pembersih wajah yang dipergunakan, dengan cara membuat pelanggan mengenali bentuk produk, kemasan dan logo yang dimiliki produk sehingga produk yang dibeli pelanggan tidak tertukar dengan produk pembersih wajah lainnya.

Kata Kunci : Harga, Kepercayaan, Ekuitas Merek, Loyalitas Pelanggan

Published

2017-07-15