PENGARUH FAKTOR BUDAYA, GAYA HIDUP DAN PRIBADI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SCOOPY DI KOTA PADANG
Abstract
Scotter matic merek Scoopy merupakan sepeda motor matic yang ditujukan untuk konsumen perempuan, akan tetapi sepeda motor matic tersebut justru lebih banyak dibeli atau digunakan oleh laki laki. Oleh sebab itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor budaya, gaya hidup dan pribadi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Scoopy di Kota Padang. Pada penelitian ini populasi yang digunakan adalah seluruh pengguna sepeda motor scoopy di Kota Padang.
Teori yang digunakan meliputi keputusan pembelian,merupakan suatu proses penyelesaian masalah yang terdiri dari menganalisa atau pengenalan kebutuhan dan keinginan, pencarian informasi, penilaian sumber-sumber seleksi terhadap alternatif pembelian, keputusan pembelian dan perilaku setelah pembelian (Menurut Kotler dan Keller (2013).Budaya merupakan suatu kebiasaan masyarakat dalam menanggapi sesuatu yang dianggap memiliki nilai dan kebiasaan, yang bisa dimulai dari mereka menerima informasi, posisi sosial mereka dalam masyarakat, (Purimahua, 2005).gaya hidup adalah pola hidup seseorang didunia yang terungkap pada aktifitas , minat dan opininya Menurut Kotler dan Keller (2013) pribadi Karakteristik tersebut meliputi usia dan tahap dalam siklus hidup, pekerjaan, keadaan ekonomi, gaya hidup serta kepribadian dan konsep diri pembeli (Setiadi,2003).
Ukuran sanpel yang digunakan berjumlah 80 orang responden yang menggunakan sepeda motor Scoopy di Kota Padang. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS ditemukan bahwa faktor budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Scoopy di Kota Padang.
Hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan bahwa gaya hidup berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Scoopy di Kota Padang, sedangkan pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Scoopy di Kota Padang.
Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi gaya dan nilai pribadi pada scoter matic merek Scoopy akan semakin memperkuat keputusan pembelian konsumen pada sepeda motor tersebut. Oleh sebab itu sangat penting bagi produsen dan distributor sepeda motor matic merek Scoopy untuk terus meningkatkan kualitas produk dan melakukan proses inovasi dalam rangka menyempurnakan produk.
Kata Kunci : Faktor Budaya, Gaya Hidup, Pribadi dan Keputusan Pembelian