PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT.TOSHIO AGUNG ABADI PADANG
Abstract
Bengkel PT. Toshio Agung Abadi Padang merupakan salah satu dari beberapa bengkel mobil senior yang mampu bertahan meskipun banyak bermunculan bengkel-bengkel mobil baru di Kota Padang, hal ini terbukti bengkel mobil PT. Toshio Agung Abadi Padang tetap mampu bertahan dan berkembang disaat kondisi krisis sepeti sekarang ini. Seiring dengan semakin bertambahnya bengkel mobil, jumlah pelanggan bengkel mobil PT. Toshio Agung Abadi Padang selama periode 6 bulan terakhir mengalami fluktuasi jumlah pelanggan.
kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka (Kotler dan Keller 2009: 49). Merek adalah entitas yang mudah dikenali, dan menjanjikan nilai-nilai tertentu dalam benak konsumen (Kertajaya 2005: 6). Harga suatu produk juga dipertimbangkan dalam Pembelian dan juga harga merupakan sejumlah uang yang dibayarkan atas barang dan jasa (Kotler dan Keller 2009: 68).
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh citra merek, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 138 responden yang pernah mengunakan jasa bengkel PT. Toshio Agung Abadi Padang. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistic untuk membuktikan pengaruh variabel devenden secara persial.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua variable indevenden yaitu Cinta merek, Harga dab kulitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.
Saran dalam penelitian ini adalah agar perusahaan lebih dapat meningkatkan kepuasan pelanggan PT. Toshio Agung Abadi Padang untuk itu disarankan kepada perusahaan agar memperhatikan biaya servis, harga relativ lebih murah dari pesaing dan memberikan arahan kepada mekanik agar selalu siap memberikan tanggapan kepada pelanggannya.
Kata Kunci:Citra Merek, Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.