PENGARUH PRODUK, HARGA, MOTIVASI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM BERBELANJA PRODUK SUPLEMEN FITNESS SECARA ONLINE DI KOTA PADANG
Abstract
Dalam dunia fitnes sudah tidak asing lagi dengan suplemen. Suplemen merupakan nutrisi tambahan bagi tubuh untuk mempercepat proses pemulihan dan pembentukan setelah fitnes. Toko suplemen masih jarang ada, begitu juga di kota besar salah satunya di Kota Padang. Untuk meningkatkan daya jual maka salah satu cara dengan menggunakan website. Hal ini dianggap lebih efisien dalam segi biaya dan dalam segi promosi dikarenakan dengan website jangkauan pasar lebih luas serta untuk mengakses internet sangat mudah.
Menurut Kotler dan Keller (2009: 178) terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen yaitu rangsangan pemasaran yang terdiri dari produk dan jasa, harga, distribusi dan komunikasi, kemudian rangsangan lain berupa ekonomi, tekonologi, politik dan budaya, selanjutya dipengaruhi psikologi konsumen yang dilihat dari motivasi, persepsi, pembelajaran dan memori serta karakteristik konsumen yang dilihat dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis dan proses pengambilan keputusan pembelian yang menimbulkan keputusan pembelian tertentu yang terdiri dari pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternartif, keputusan pembelian, serta perilaku pasca pembelian.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh produk, harga, motivasi dan persepsi konsumen terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja produk suplemen fitness secara online di kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu 138 orang adalah konsumen yang berbelanja produk Suplemen Fitness secara online di Kota Padang.. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tiga variabel independen yaitu produk, harga, motivasi, persepsi konsumen serta satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa produk, motivasi konsumen serta persepsi konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja produk Suplemen Fitness sedangkan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja produk Suplemen Fitness.
Disarankan pada perusahaan untuk memperhatikan dan meningkatkan rancangan produk dari segi keberagaman dan menyesuaikan dengan jenis produk. Kemudian memperhatikan tarif dari produk suplemen yang dijual secara online serta apa alasan konsumen dalam pembelian produk dan penetapan harga dengan baik sehingga akan mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja.
Kata Kunci : Produk, Harga, Motivasi, Persepsi Konsumen, Keputusan Pembelian