PENGARUH KUALITAS PEYANAN, LOKASI, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA TRANSPORTASI P.O AYAH RUTE PADANG - PAYAKUMBUH

Authors

  • Gustaf Delfi Andre
  • Dahnil Djohar
  • Ice Kamela

Abstract

Transportasi merupakan suatu sarana yang sangat penting dalam membantu roda perekonomian. Padang adalah salah satu kota besar di Sumatera Barat yang memiliki lokasi strategis dilihat dari segi pariwisata, maupun perekonomian. Jarak tempuh yang semakin dekat dengan ibukota Propinsi menjadikan Kota Padang sebagai salah satu tujuan masyarakat luar kota khususnya dari Payakumbuh untuk datang ke Padang. Pada tahun 2004 didirikan jasa angkutan travel "Ayah" yang mulai beroperasi pada tahun 2005, hal ini membuat permintaan angkutan jalan raya semakin meningkat. Dengan adanya jasa transportasi "Ayah", waktu tempuh Padang-Payakumbuh rata-rata hanya 2-3 jam, jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya yang harus ditempuh dengan waktu lebih dari 4 jam.

Lupiyoadi dan Hamdani (2013:157) mengatakan lokasi yaitu keputusan yang dibuat perusahaan berkaitan dengan di mana operasi dan stafnya akan ditempatkan. Selanjutnya harga suatu produk juga dipertimbangkan dalam Pembelian, oleh karena itu penetapan harga harus tepat. Kotler dan Keller (2009:68) mengatakan harga merupakan sejumlah uang yang dibayarkan atas barang dan jasa, atau jumlah nilai yang konsumen tukarkan dalam rangka mendapatkan manfaat dari memiliki atau menggunakan barang dan jasa. American Society For Quality Control dalam Kotler dan Keller (2009:143) mengatakan kualitas (quality) merupakan totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dinyatakan atau tersirat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, lokasi, dan harga terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa transportasi P.O Ayah Rute Padang - Payakumbuh. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa transportasi P.O Ayah Rute Padang – Payakumbuh yang berjumlah seratus tiga puluh delapan orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji T-test statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen secara parsial atau individu.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa transportasi, Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa transportas, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa transportasi.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Harga, Keputusan Pembelian

Published

2017-07-15