PENGARUH IKLAN, CITRA MEREK, DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU XL PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUNGHATTA PADANG

Authors

  • Fitri Primadona
  • Rika Desiyanti
  • Mery Trianita

Abstract

Di Indonesia terdapat 5 operator GSM yaituTelkomsel, Indosat, XL, 3, dan Axis.Telkomsel memiliki 3 produk, yaitu As, Simpati, dan Telkomsel sedangkan Indosat memiliki 2 produk yaitu IM3 dan Mentari. Masing-masing produk dari kartu perdana tersebut membidik segmen konsumen yang berbeda. Misalnya kartu AsTelkomsel membidik segmen anak muda (pelajar,mahasiswa), kartu Simpati dan Telkomsel membidik segmen tingkatan profesi (karyawan,wiraswasta,businessman). Kartu IM3 membidik segmen anak muda (pelajar,mahasiswa) sedangkan kartu Mentari membidik segmen tingkatan profesi (karyawan,wiraswasta,businessman). Kartu XL, 3, dan Axis membidik segmen anak muda (pelajar,mahasiswa). Pemasangan iklan di televisi maupun di jalan oleh XL, 3, dan Axis dengan memakai “ brand ambassador “ anak muda dimaksudkan untuk mewakili citra XL, 3, dan Axis sebagai kartu perdana untuk anak muda ( pelajar dan mahasiswa ) , namun tidak menutup peluang bagi XL, 3, dan Axis untuk tetap menjaring konsumen dari tingkatan umur, profesi yang lebih luas.

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh iklan, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap keputusan pembelian kartu XL pada Mahasiswa Universitas Bunghatta Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 138 orang mahasiswa Universitas Bunghatta Padang yang menggunakan kartu perdana XL dengan teknik pengambilan sampel metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tiga variable independen yaitu Iklan, Citra Merek dan Kepercayaan Merek serta satu variable Dependen yaitu Keputusan pembelian. Metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu XL pada Mahasiswa Universitas Bunghatta Padang. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu XL pada Mahasiswa Universitas Bunghatta Padang. Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu XL pada Mahasiswa Universitas Bunghatta Padang, Kepercayaan Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian kartu XL pada Mahasiswa Universitas Bunghatta Padang.

Kata kunci: Iklan, Citra merekdanKepercayaanmerek, Keputusanpembelian

Published

2017-07-15