PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCOTCH-BRITE PT 3M INDONESIA DI KOTA PADANG

Authors

  • Gimi Gumilar
  • Ice Kamela
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Scotch-Brite merupakan salah satu produk inovatif yang diproduksi PT 3M ditujukan untuk konsumen rumah tangga. Scotch-Brite menawarkan variance produk untuk memberikan tiga solusi optimal bagi masyarakat yaitu solusi dapur, solusi kamar mandi dan solusi ruang keluarga. Berdasarkan data yang peneliti peroleh teridentifikasi data penjualan produk Scotch-Brite PT 3M tahun 2015 pada beberapa kecamatan di Kota Padang, terlihat tidak stabilnya penjualan produk Scotch-Brite di Kota Padang, hal ini menunjukan bahwa masih adanya merek pesaing yang memiliki nilai penjualan yang lebih tinggi dari produk Scotch-Brite produksi PT 3M di Kota Padang.

Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu keputusan pembelian merupakan proses yang menunjukkan tahapan demi tahapan tercapainya tindakan pembelian terhadap sebuah merek produk atau jasa (Kotler dan Keller 2012). Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen (Kotler dan Amstrong2012). Harga adalah sejumlah uang yang ditukarkan untuk sebuah produk atau jasa, lebih jauh lagi harga adalah jumlah dari seluruh nilai yang konsumen tukarkan untuk jumlah manfaat dengan memiliki atau mengunakan suatu barang dan jasa (Kotler dan Amstrong 2005). Sedangkan promosi adalah kegiatan yang dilakukan produsen untuk mempromosikan atau memperkenalkan sebuah merek kepada konsumen dan distribusi di definisikan sebagai aktifitas untuk memposisikan persediaan produk pada konsumen sasaran (Kotler dan Keller 2012).

Pada penelitian ini sampel berjumlah 100 orang responden yang dipilih dengan menggunakan metode accidental sampling. Variabel yang digunakan yaitu variabel dependen yaitu keputusan pembelian, dan variabel independen yaitu bauran pemarasan yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi. Proses pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan model regresi berganda dan pengujian t-statistik.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa produk dan harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scotch-Brite PT 3M Indonesia, didalam tahapan pengujian hipotesis juga ditemukan bahwa promosi dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Scotch-Brite PT 3M Indonesia.

Kata kunci : Produk, Harga, Promosi, Distribusi dan Keputusan Pembelian.

Published

2017-07-15