Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepatu di Toko Yoesani Kota Padang
Abstract
Toko sepatu Yoesani merupakan salah satu usaha sepatu kulit yang saat ini sedang berkembang di kota Padang, dimana toko Yoesani ini sangat memperhatikan kepuasan konsumennya. Yoesani menciptakan berbagai macam sepatu kulit dan bermacam-macam ukuran dan konsumen dapat memilih beragam macam warna yang ditawarkan. Jika melihat perkembangan terhadap penjualan sepatu Yoesani tentunya sangat menjajikan, karena Yoesani dapat memikat hati konsumen dengan cara menawarkan harga yang tidak terlalu tinggi.
Untuk itu penelitian ini menggunakan empat alat bauran pemasaran yang terdiri dari kualitas produk, harga, distribusi dan promosi untuk mengukur keputusan pembelian sepatu di toko Yoesani kota Padang.
Suharso (2010:83) mengatakan keputusan pembelian adalah tahap dimana pembeli telah menentukan pilihannya dan melakukan pembelian produk serta pengkonsumsinya. Sedangkan kualitas produk menurut Prawirosentono (2004),“Kualitas produk adalah keadaan fisik, fungsi dan sifat produk bersangkutan yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumendengan memuaskan sesuai nilai uang yang telah dikeluarkanâ€. Harga Menurut Kotler (2008) harga adalah sejumlah uang yang dibebankan atas suatu produk atau jasa, atau jumlah dari nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena memiliki atau menggunakan produk atau jasa tersebut. Distribusi Menurut Machfoedz (2005:147) saluran distribusi ialah kelompok individu atau perusahaan yang mengarahkan aliran produk dari produsen ke konsumen-konsumen. Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran (Dharmmesta,2007).
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen membeli sepatu di toko Yoesani kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu keputusan pembelian dan variabel independen yaitu kualitas produk, harga, distribusi dan promosi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisa regresi berganda guna untuk mengetahui besarnya koefisien regresi serta menunjukkan besarnya pengaruh kualitas produk, harga, distribusi dan promosi terhadap keputusan pembelian sepatu di toko Yoesani kota Padang, diolah dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Harga, distribusi dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Peneliti menyarankan toko Yoesani lebih memperhatikan harga, yaitu dengan cara memberikan harga potongan khusus kepada konsumen dan lokasi yang strategis agar lebih memudahkan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian serta promosi iklan yang menarik agar lebih menarik konsumen.
Kata kunci : kualitas produk, harga, distribusi, promosi dan keputusan pembelian.