PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMEBELIAN DAIHATSU XENIA DI KOTA PADANG

Authors

  • Wiliam Sitio
  • Linda Wati
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Persaingan yang tinggi membuat pemasar harus jeli untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Hal ini sebagaimana yang dialami oleh mobil keluaran Daihatsuyaitu Xenia dimana jikadibandingkandengan kompetitornya, baikdarisegi model maupunonderdil yang di gunakan, relative sama tetapi konsumen lebih banyak memilih mobil kompetitor dibandingkan Daihatsu Xenia oleh sebab itu penjualan dari Daihatsu Xenia selalu jauh dibawah pesaingnya. Rendahnya penjualan Daihatsu Xenia tentu ada faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dan hal tersebut di duga karena ada pengaruh dari brand image, harga dan promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian Daihatsu Xenia di Kota Padang.Objek dari ini penelitian adalah konsumenDaihatsu Xenia, sementara populasinya adalah seluruhkonsumen yang sudahmembelimobil Daihatsu Xenia berdomisili di sekitar Kota Padang. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 138 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis data dalam penilitian yaitu data primer yang diperoleh dari kuesioner.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari brand image, harga dan promosi, sementara variabel terikatnya adalah keputusan pembelian. Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan. Penelitian ini menghasilkan temuan secara parsial bahwabrand image, harga dan promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian Daihatsu Xenia di Kota Padang Secara simultan variabel independen dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian Daihatsu Xenia di Kota Padang. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu hipotesis 1, 2 dan hipotesis 3 diterima, karena variabel bebas yang terdiri dari brand image, harga dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap keputusan pembelian Daihatsu Xenia di Kota Padang. Kata kunci : Brand Image, Harga dan Promosi, dan Keputusan Pembelian

Published

2018-02-13