PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APOTEK BERSAMA JATI TIMUR KOTA PADANG

Authors

  • Muqorobbyn Al-AfGhany
  • Yulihar Mukhtar
  • Irda Irda

Abstract

Keputusan pembelian adalah suatu tindakan yang muncul dari benak konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap suatu produk. Dalam hal ini pihak dari Apotek Bersama Jati Timur sangat dituntut untuk menerapkan Konsep-konsep pemasaran yang jelas dan sesuai dengan kondisi saat ini agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumennya, dengan mempersiapkan kelengkapan produk yang bagus, harga yang sesuai dengan standar dan memperhatikan lokasi yang strategis agar dapat meningkatkan keputusan pembelian pada  Apotek Bersama Jati Timur Kota Padang.


Penelitian ini menganalisis kelengkapan produk, harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini jumlah sampel 80 orang responden di Kota Padang, teknik  pengambilan sampel adalah purposive sampling, data penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. Analisis dalam penelitian ini adalah regresi liniar berganda dan pengujian T-statistik, dengan bantuan program SPSS (Statistical package for social science) Versi 16.0. Hasil penelitian menemukan bahwa kelengkapan produk dan harga berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian, namun lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Apotek Bersama Jati Timur Kota Padang.

Hasil tersebut menyatakan bahwa kelengkapan produk dan harga memiliki peran penting  terhadap keputusan pembelian di Apotek Bersama Jati Timur Kota Padang, sedangkan lokasi tidak terlalu dipertimbangkan oleh konsumen pada saat melakukan keputusan pembelian karena telah dipengaruhi oleh kelengkapan produk yang mencukupi dan harga yang relatif bagus.
 
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Kelengkapan Produk, Harga dan Lokasi


Published

2018-02-13