PENGARUH DESAIN PRODUK, GAYA HIDUP DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK EIGER DI KOTA PADANG

Authors

  • Ulil Albab
  • Dahnil Djohar
  • Dahliana Kamener

Abstract

Keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap suatu produk. Dalam hal ini pihak dari produk Eiger Ulak Karang Kota Padangsangat dituntut untuk menerapkan konsep-konsep pemasaran yang jelas dan sesuai dengan kondisi saat ini
agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumennya, dengan meningkatkan desain produk yang mereka miliki, memperhatikan gaya hidup masyarakat saat ini dan memperhatikan lokasi yang strategis agar dapat meningkatkan keputusan pembelian pada produk Eiger di Kota Padang.

Penelitian ini menguji desain produk, gaya hidup, dan lokasi terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini jumlah sampel 80 orang responden di Kota Padang,teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling, data yang digunakan adalah data
primer melalui penyebaran kuisioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi liniar berganda dan pengujian T-statistik, dengan bantuan program SPSS (Statistical package for social science) Versi 16.0.

Hasil penelitian ini ditemukan bahwa desain produk, gaya hidup dan lokasi secara serentak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun secara individual hanya desain produk dan gaya hidup yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara itu lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger di Kota Padang.

Hasil tersebut menyatakan bahwa desain produk dan gaya hidup memiliki peran penting terhadap keputusan pembelian pada produk Eiger di Kota Padang, sementara itu lokasi tidak terlalu dipertimbangkan oleh konsumen pada saaat melakukan pembelian karena telah dipengaruhi oleh desain produk yang berbeda dari produk merek lain dan gaya hidup yang sesuai kebutuhan konsumen saat ini.

Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Desain Produk, Gaya Hidup Dan Lokasi.


Published

2018-02-13