PENGARUH TAX MINIMIZATION, TUNNELING INCENTIVE DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI 2012-2015)
Abstract
Penelitian ini menguji pengaruh tax minimization, tunneling incentive, mekanisme bonus. Penelitian ini menggunakan teori agensi, yang menjelaskan hubungan atau kontrak antara principal dan agen. Principal mempekerjakan agen untuk bertindak sesuai dengan kepentingan principal. Manajer sebagai agen dan pemegang saham sebagai prinsipal. Manajer harus mengambil keputusan bisnis terbaik untuk meningkatkan kekayaan pemegang saham. Keputusan bisnis yang diambil manajer adalah memaksimalkan perusahaan.
Penelitian ini menggunakan populasi dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2015. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling, yaitu metode penetapan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Dengan sampel penelitian sebanyaak 43 perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini variabel dummy. Analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tax minimization tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing karena perusahaan dalam penelitian ini dikatan baik dalam membayar pajak dan melebihi dari yang telah ditentukan undang-undang , tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing karena dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa perusahaan sampel dalam penelitian ini tidak menggunakan cara transfer pricing dalam mentransfer kekayaannya kepada pemegang saham asing, namun perusahaan lebih memilih mentransfer kekayaannya melalui deviden akibatnya walaupun rata-rata kepemilikan asing cukup besar dalam perusahaan sampel namun tidak berpengaruh terhadap aktivitas transfer pricing yang disebabkan perusahaan, mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing karena jika direksi berani melakukan transaksi transfer pricing untuk memberikan kenaikan laba sementara untuk perusahaan dan ingin mendapatkan bonus, maka hal ini sangat tidak etis mengingat terdapat kepentingan yang jauh lebih besar lagi yaitu menjaga nilai perusahaan dimata masyarakat dan pemerintah dengan menyajikan laporan keuangan yang lebih mendekati kenyataan dan dapat digunakan untuk tujuan pengambilan keputusan yang lebih penting bagi perusahaan kedepannya.
Kata kunci: Tax Minimization, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Dan Transfer Pricing