PENGARUH PAJAK, TUNNELING INCENTIVE DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Authors

  • Jeni Dea Putri
  • Popi Fauziati
  • . Yunilma

Abstract

 

Globalisasi pasar dan perusahaan diiringi oleh perkembangan sistem informasi dan komunikasi yang kuat. Sebagai konsekuensinya, perusahaan multinasional menetapkan proses terintregrasi yang mengarah pada peningkatan jumlah transaksi antar perusahaan. Dalam perusahaan multinasional terjadi berbagai transaksi internasional antar anggota (divisi), salah satunya adalah penjualan barang atau jasa. Bagi perusahaan yang berorientasi laba, perusahaan tersebut akan berusaha untuk memperoleh laba yang maksimal dan berbagai macam cara. Salah satu metode yang mereka gunakan adalah transfer pricing.

Tujuan penelitian ini menguji secara empiris tentang pengaruh pajak, tunneling incentive dan good corporate governane terhadap keputusan transfer pricing. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2013-2015.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan (annual report). pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu diperoleh sebanyak 27 perusahaan selama 3 tahun. Metode analisis data mengunakan Analisis Regresi Logistik.

Hasil penelitian hipotesis pertama menunjukan bahwa pajak tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Dari hasil penelitian hipotesis kedua tunneling incentive juga tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Dan Dari penelitian hipotesis ketiga good corporate governance tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing.

Kata Kunci: Transfer Pricing, Pajak, Tunneling Incentive, Good Corporate Governance

Published

2018-02-14