PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PRODUK KIPAS ANGIN MEREK MIYAKO DI KOTA PADANG
Abstract
Kipas angin merupakan solusi hemat dalam menyejukkan udara setelah AC,
Kipas angin digunakan karena harganya yang terbilang murah. Produk dari
Miyako bisa menjadi salah satu pilihan dan alternatif dalam mencari kipas angin
yang murah namun berkualitas. Perusahan asli indonesia ini merupakan salah
satu perusahaan elektronik yang sudah berhasil go internasional. Hal ini terbukti
dari tingginya produksi kipas angin merek Miyako di Indonesia, dimana dari
tahun 2014 sampai dengan tahun 2016 top brand index merek Miyako mengalami kenaikan serta data penjualannya di Kota Padang mengalami fluktuasi dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Semakin meningginya keputusan pembelian konsumen pada produk kipas angin merek Miyako di Kota Padang menjadi indikasi untuk melakukan penelitian ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh ekuitas merek terhadap
keputusan pembelian konsumen produk kipas angin merek Miyako di Kota
Padang. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli kipas angin merek Miyako di Kota Padang berjumlah seratus orang responden.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data dalam
penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t statistik untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen parsial.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) kesadaran merek berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian kosumen produk kipas angin merek
Miyako di Kota Padang. (2) asosiasi merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosumen produk kipas angin merek Miyako di Kota Padang. (3) persepsi kualitas asosiasi merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosumen produk kipas angin merek Miyako di Kota Padang. (4) loyalitas merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosumen produk kipas angin merek Miyako di Kota Padang.
Kata kunci: Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, Loyalitas
Merek, Keputusan Pembelian