ANALYSIS OF THE INFLUENCE THE ATTRACTIVENESS OF ADVERTISING, THE QUALITY OF THE ADVERTISING MESSAGE, AND THE FREQUENCY OF AD IMPRESSIONS AGAINST THE EFFECTIVENESS OF TELEVISION ADVERTISING KFC (KFC AD VIEWERS SURVEY ON CONSUMER KFC IN BASKO GRAND MALL PAD

Authors

  • AGI ASMID
  • Lindawati Lindawati
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Efektivitas iklan bergantung pada sebaik apa medium tersebut sesuai dengan sebuah strategi pemasaran yaitu, pada tujuan promosi, pasar target yang ingin dijangkau, dana yang tersedia untuk pengiklanan, serta sifat dari media, termasuk siapa yang akan dijangkau, dengan frekuensi seberapa sering, dengan dampak apa, dan pada biaya berapa besar.

Dalam hal ini pihak dari KFC dituntut untuk menerapkan Konsep-konsep pemasaran yang jelas dan sesuai dengan kondisi saat ini agar dapat meningkatkan daya tarik iklan di mata pemirsa iklan agar mampu mempertahankan konsumen yang sudah ada dan mampu menarik konsumen yang belum pernah melihat iklan KFC di televisi, membangun kualitas pesan iklan dengan cara memperhatikan, pesan moral dan pesan-pesan yang positif kepada pelanggan sehingga nantinya akan membuat iklan KFC lebih efektif.
Juga mengutamakan frekuensi penayangan iklan dalam penayangan iklan, karena frekuensi penayangan iklan merupakan suatu hal yang dapat menarik konsumen untuk melihat iklan KFC, ketika frekuensi penayangan iklan tepat pada waktunya maka kemungkinan konsumen untuk menkonsumsi produk KFC akan sangat besar.

Penelitian ini menganalisis daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, dan frekuensi penayangan iklan terhadap efektivitas iklan.
Pada penelitian ini jumlah sampel 80 orang responden di Kota Padang, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, data penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuisioner.
Analisis dalam penelitian ini adalah regresi liniar berganda dan pengujian T-statistik, dengan bantuan program SPSS (Statistical package for social science) Versi 17.0.

Hasil penelitian menemukan bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan efektivitas iklan televisi KFC di kota padang.
Hasil tersebut menyatakan bahwa daya tarik iklan, kualitas pesan iklan dan frekuensi penayangan iklan memiliki peran penting terhadap efektivitas iklan televisi KFC di Kota Padang.

Kata Kunci : Daya tarik iklan, kualitas pesan iklan, frekuensi penayangan iklan dan efektivitas iklan.

Published

2018-02-15