PENGARUH CITRA MEREK, LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA AWAKENING STORE DI KOTA PADANG

Authors

  • Asep Rinaldi
  • Ice Kamela
  • Yulihar Mukhtar

Abstract

Keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap suatu produk. Dalam hal ini pihak dari Awakening Store sangat dituntut untuk menerapkan Konsep-konsep pemasaran yang jelas dan sesuai dengan kondisi saat ini agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumennya, dengan membangun citra merek yang mereka miliki, memperhatikan lokasi yang strategis dan meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan agar dapat meningkatkan keputusan pembelian pada Awakening Store di Kota Padang.

Penelitian ini menganalisis citra merek, lokasi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Pada penelitian ini jumlah sampel 80 orang responden di Kota Padang, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, data penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. Analisis dalam penelitian ini adalah regresi liniar berganda dan pengujian T-statistik, dengan bantuan program SPSS (Statistical package for social science) Versi 16.0.
Hasil penelitian menemukan bahwa citra merek dan lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, namun kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Awakening Store di Kota Padang.

Hasil tersebut menyatakan bahwa citra merek dan lokasi memiliki peran penting terhadap keputusan pembelian pada Awakening Store di Kota Padang, sedangkan kualitas produk tidak terlalu dipertimbangkan oleh konsumen pada saat melakukan keputusan pembelian karena telah dipengaruhi oleh citra merek yang telah dikenal dan lokasi Awakening Store yang strategis.

Kata Kunci :
Keputusan pembelian, citra merek, lokasi dan kualitas produk

Published

2018-02-15