PENGARUH HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Study Kasus Pada Taruko Auto Car Wash Batusangkar)
Abstract
Pelanggan yang loyal merupakan aset penting bagi perusahaan, karena banyak keuntungan yang akan di dapat oleh perusahaan dari pelanggan yang loyal, tetapi menjadikan pelanggan loyal bukanlah hal yang mudah terlebih tingginya tingkat persaingan yang terjadi antara pelaku bisnis dengan usaha yang sejenis, seperti bisnis car wash yang ada di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar. Taruko Auto Car Wash merupakan salahsatu pelaku bisnis cuci mobil yang ada di Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar.
Dari data pengunjung Taruko Auto Car Wash di ketahui bahwa terjadi fluktuasi jumlah pelanggan setiap bulannya dan ini mengindikasikan masih rendahnya tingkat loyalitas pelanggan dari Taruko Auto Car Wash. Rendahnya loyalitas pelanggan dari Taruko Auto Car Wash. tentu ada faktor yang mempengaruhinya dan hal ini diduga karena adanya pengaruh dari harga, lokasi dan kualitas pelayanan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Taruko Auto Car Wash. Objek dari penelitian ini adalah Taruko Auto Car Wash, sementara populasinya adalah seluruh pengunjung Taruko Auto Car Wash. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Jenis data dalam penilitian yaitu data primer yang diperoleh dari kuesioner. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari harga, lokasi dan kualitas pelayanan, sementara variabel terikatnya adalah loyalitas. Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk menguji koefisien regresi secara parsial dan uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan.
Penelitian ini menghasilkan temuan secara parsial bahwa harga, lokasi dan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Taruko Auto Car Wash. Secara simultan variabel independen dalam penelitian berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu hipotesis 1, 2 dan hipotesis 3 diterima, karena variabel bebas yang terdiri dari harga, lokasi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Taruko Auto Car Wash.
Kata kunci : Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, dan Loyalitas