PENGARUH KUALITAS PRODUK, PERSEPSI HARGA DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR KAWASAKI NINJA 150 R DAN NINJA 150 RR DI KOTA PADANG

Authors

  • Ragiev Zubarjan
  • Lindawati Lindawati
  • Purbo Jadmiko

Abstract

Keputusan pembelian adalah kegiatan penentuan pemilihan produk/jasa oleh konsumen. Motor 2 stroke engine adalah motor yang dikenal dengan tenaga yang ringan dan cepat, dan memiliki ciri khas suara yang berbeda. Kawasaki Ninja merupakan motor yang memiliki harga yang cukup mahal dari pada kompetitornya. Hal itu menunjukkan bahwa konsumen membeli Kawasaki Ninja bukan hanya sekedar mencari manfaat sepeda motor semata, melainkan kepuasan tersendiri ketika memiliki dan menggunakannya.

Tujuan penelitian ini menguji pangaruh kualitas produk, persepsi harga dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian motor Kawasaki Ninja 150 R dan Ninja 150 RR di kota Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 138 responden. Peneliti menggunakan variabel dependen yaitu keputusan pembelian dan variabel independen yaitu kualitas produk, persepsi harga dan gaya hidup.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk dan persepsi harga menyebabkan konsumen untuk membeli motor Kawasaki Ninja 150 R dan 150 RR, sedangkan gaya hidup tidak mempengaruhi konsumen untuk membeli motor tersebut, disebabkan terjadinya pemahaman yang bias antara peneliti dengan responden.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan gaya hidup tidak mempengaruhi konsumen untuk membeli dan menggunakan motor Kawasaki Ninja 150 R dan Ninja 150 RR.

Kata kunci : Kualitas Produk, Persepsi Harga, Gaya Hidup dan Keputusan Pembelian.

Published

2018-02-15