PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN SALES PROMOTION TERHADAP IMPULSE BUYING DI SUPERMARKET SJS PLAZA PADANG

Authors

  • Yori Okschar
  • Dahliana Kamener
  • Reni Yuliviona

Abstract

Perkembangan usaha yang semakin pesat mengakibatkan persaingan sesama
perusahaan menjadi semakin ketat. Salah satu bidang usaha yang saat ini mulai
mengalami perkembangan adalah supermarket. Salah satunya adalah SJS Plaza
Padang merupakan tempat berbelanja yang lengkap dan nyaman serta menawarkan berbagai kebutuhan masyarakat dan rumah tangga yang telah membrikan kontribusi semenjak tahun 2009. Sebagai salah satu perusahaan ritel dikota padang, Supermarket SJS Plaza juga melakukan promosi penjualan secara langsung kepada masyarakatguna menunjang penjualannya.

Utami (2010) Store atmosphere adalah tentang penciptaan suasana berarti rancangan lingkungan melalui komunikasi visual, pencahayaan, warna, music dan wangiwangian untuk merancang respons emosional perseptual untuk mempengaruhi konsumen melakukan pembelian. Kotler (2007) sales Promotion adalah berbagai kumpulan alat-alat insentif yang sebagian besar jangka pendek, yang dirancang untuk merangsang pembelian produk atau jasa tertentu dengan lebih cepat oleh konsumen.

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh store atmosphere dan sales promotionterhadap impulse buying di supermarket SJS Plaza Padang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden.

Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu impulse buying. Hasilpenelitian ini menemukan bahwa store atmosphere berpengaruh positif terhadap impulse buying di supermarket SJS Plaza Padang. Sales promotion berpengaruh positif terhadap impulse buying di supermarket SJS Plaza Padang.

Kata Kunci : Store Atmosphere, Sales Promotion dan Impulse Buying

Published

2018-02-16