PENGARUH ISLAMIC ATTRIBUTES, DESTINATION ATTRIBUTES DAN QUALITY OF SERVICE TERHADAP ISLAMIC TOURISM SATISFACTION PANTAI TIRAM PARIAMAN

Authors

  • Muhammad Luthfi
  • Irda Irda
  • Reni Yuliviona

Abstract

Industri pasar pariwisata global saat ini semakin fokus dalam menggarap kebutuhan ceruk pasar wisatawan, salah satu adalah wisata halal. Potensi pasar muslim menjadi alternative niche pasar wisata di beberapa negara di dunia. Dilihat dari nilai expenditure, wisata pasar muslim global senilai USD 142 miliar (diluar haji dan umrah) atau 11 % dari total pasar wisatawan global. Indonesia khususnya Sumatera Barat merupakan provinsi yang terletak di pesisir barat pulau Sumatera yang terdiri dari daratan rendah dan daratan tinggi sepanjang Bukit Barisan. Salah satu objek wisata yang ada di Sumatera Barat terletak di kabupaten Padang Pariaman yakni “Pantai Tiramâ€. Selain keindahan bahari yang di miliki, destinasi ini juga memiliki aset budaya yang religi yaitu makam Syeikh Burhanuddin Ulakan, yang terkenal sebagai tokoh penyebar agama islam di Sumatra Barat (Dinas Pariwisata Sumbar 2014).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh Islamic Attributes, Destination Attributes dan Quailty of Servcie terhadap Islamic Toursim Satisfaction pada Pantai Tiran Pariaman. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu Varaiabel bebas (X) yang terdiri dari (Islamic Attributes, Destination Attributes dan Quality of Service) sedangkan variabel terikat (Y) yaitu ( Kepuasan Wisatawan).

Objek dari penelitian ini adalah Pantai Tiram Pariaman, sementara populasi dari penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Tiram Pariaman. Adapun jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 80 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dengan beberapa kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Jenis data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang didapat dari penyebaran kuisioner pada penelitian ini alat olah data yang digunakan adalah softwere SmartPLS. Uji Hipotesis dengan cara melihat “Path koefisien jalur†yang telah di Boostreaping.

Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa bagi pihak penyedia jasa atau pengelola jasa untuk dapat meningkatkan lagi Islamic Attributes ( attribut islam) dan Destination Attributes (attribut tujuan) karena variabel ini merupakan salah satu variabel yang mempengaruhi kepuasaan wisatawan dalam melakukan kunjungan ke Pantai Tiram Pariaman. Terutama attribut islam merupakan varuabel yag paling dominan yang memepengaruhi kepuasaan wisatawan muslim karena merupakan variabel yang dibutuhkan untuk wisatawan islam yang ingin melakukan kunjungan wisata. Dan dari ketiga variabel bebas Islamic Attributes, Destination Attributes dan Quality of Service, hanya Quality of Service variabel yang tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wisatawan di Pantai Tiram Pariaman.

Kata Kunci: Islamic Attributes, Destination Atttributes dan Quality of Service

Published

2018-02-16