PENGARUH HARGA, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN JASA CUCIAN MOBIL CANDELAR CAR WASH PADANG

Authors

  • Kevin Rahmat Subriadi
  • Dahliana Kamener
  • Lindawati Lindawati

Abstract

Keputusan menggunakan jasa adalah tindakan atau perilaku untuk melakukan aksi membeli sebuah produk atau jasa yang terbentuk karena adanya sejumlah kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Dalam hal ini jasa cucian mobil Candelar Car Wash Padang sangat dituntut untuk menerapkan konsep-konsep pemasaran yang jelas dan sesuai dengan kondisi saat ini agar dapat meningkatkan keputusan konsumen menggunakan jasa cucian mobil Candelar Car Wash Padang, dengan memperhatikan harga, lokasi dan fasilitas yang ditawarkan agar dapat meningkatkan keputusan konsumen menggunakan jasa cucian mobil Candelar Car Wash Padang.

Penelitian ini menganalisis harga, lokasi dan fasilitas terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa. Pada penelitian ini jumlah sampel 138 orang responden, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, data penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuisioner. Analisis dalam penelitian ini adalah regresi liniar berganda dan pengujian T-statistik, dengan bantuan program SPSS (Statistical package for social science) Versi 20.0.

Hasil penelitian menemukan bahwa lokasi berpengaruh signifikan terhadap
keputusan konsumen menggunakan jasa, namun harga dan fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa cucian mobil Candelar Car Wash Padang.

Hasil tersebut menyatakan bahwa lokasi memiliki peran penting terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa cucian mobil Candelar Car Wash Padang, sedangkan harga dan fasilitas tidak terlalu dipertimbangkan oleh konsumen pada saat melakukan keputusan menggunakan jasa karena telah dipengaruhi oleh lokasi jasa cucian mobil Candelar Car Wash Padang yang strategis.

Kata Kunci : Harga, Lokasi dan Fasilitas

Published

2018-02-16