ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP MANAJEMEN LABA ( Sektor Perusahaan Yang Terdaftar Di LQ 45 Periode 2012-2016)
Abstract
Kebijakan manajemen laba merupakan salah satu metoda akuntansi oleh
seorang manajer untuk menutupi kondisi keuangan dari perusahaan yang
bertujuan untuk mendapatkan minat investor untuk melakukan investasi pada
perusahaan tersebut guna mendapakan sumber permodalan dengan memiliki
permodalan yang cukup perusahaan dapat meningkatkan kinerja serta laba dari
pada perusahaan.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh ukuran perusahaan, levarage
dan pertumbuhan penjualan terhadap manajemen laba studi kasus pada
perusahaan yang terdaftar di LQ 45 periode 2012-2016. Penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 14 perusahaan yang di dapat dari IDX dengan
periode penelitian dari tahun 2012-2016.
Penelitian ini menggunakan satu variabel dependen yaitu Manajemen Laba
dan tiga variabel independen yaitu Ukuran Perusahaan, Leverage dan
Pertumbuhan Penjualan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini
adalah analisis regresi berganda yang diolah dengan program Eviews 8.0.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis ditemukan bahwa Ukuran
Perusahaan, Leverage dan Pertumbuhan Penjualan tidak pengaruh terhadap
Manajemen Laba pada perusahaan yang terdaftar di LQ 45 periode 2012-2016.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap terjadi kanaikan atau penurunan
tidak mempengaruhi adanya praktek manajemen laba. Hal ini disebabkan oleh
perusahaan LQ 45 merupakan perusahaan yang tingkat liquiditas tinggi jadi tidak
perlu melakukan praktik manajemen laba untuk mendapatkan sumber
permodalan.
Kata kunci :Ukuran Perusahaan, Leverage, Pertumbuhan Penjualan
dan Manajemen Laba