Pengaruh Brand image, Promosi dan Label halal terhadap Keputusan Pembelian Pada Kosmetik Sariayu di Kota Padang

Authors

  • Gusnila Sari
  • Ice Kamela
  • Dahliana Kamener

Abstract

Sariayu adalah salah satu merek kosmetik asal Indonesia yang cukup berkembang
dibawah gagasan Dr. Martha Tilaar, yang didalamnya terdapat rangkaian produk
perawatan kecantikan holistik untuk dapat cantik seutuhnya luar dan dalam yang
terinsipirasi dari kekayaan alam Indonesia tetapi di proses secara modern dengan
teknologi berbasis Green Science. Sariayu juga banyak memiliki jenis sesuai
kebutuhan mulai dari untuk perawatan dari dalam seperti jamu hingga perawatan
dari luar seperti perawatan untuk kulit, wajah dan rambut
(http://www.Sariayu.com/id).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh
brand image, promosi dan label halal terhadap keputusan pembelian pada
kosmetik Sariayu di kota Padang. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen
yang pernah membeli dan menggunakan kosmetik sariayu di Kota Padang.
Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 100
orang responden dengan teknik pengambilan sampel convinience sampling. Jenis
data dalam penilitian yaitu data primer yang diperoleh dari kuesioner. Variabel
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu variabel bebas yang terdiri dari brand
image, promosi dan label halal, sementara variabel terikatnya adalah keputusan
pembelian. Pada penelitian ini mengunakan teknik analisis data yaitu analisis
regresi linear berganda, uji hipotesis dengan menggunakan uji t-statistik untuk
menguji koefisien regresi linear berganda secara parsial dan uji F-statistik untuk
menguji pengaruh secara simultan.

Penelitian ini membuktikan bahwa Promosi dan Label Halal berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada kosmetik Sariayu di Kota
Padang dan Brand image berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap
keputusan pembelian pada kosmetik Sariayu di Kota Padang. Untuk itu pihak
manajemen perlu meningkatkan lagi image  dan pandangan konsumen terhadap
kosmetik Sariayu, dan lebih memperhatikan reputasi kosmetik Sariayu supaya
brand image dari kosmetik Sariayu semakin kuat di posisinya di pikiran
konsumen. Meningkatkan promosi agar kosmetik Sariayu diminati lagi oleh
konsumen, dan tetap pertahankan label halal pada kemasan.

Kata kunci : brand image, Promosi dan Label Halal

Published

2018-02-16