KAJIAN DESKRIPTIF KEPUASAN PENGUNJUNG ATAS KUALITAS PELAYANAN PADA OBJEK WISATA VILLA ANAI RESORT KAYU TANAM
Abstract
Dilihat perkembangan jumlah pengunjung di Villa Anai Resort Kayutanam dari
bulan Juli sampai bulan Desember 2016 berfluktuasi. Dimana bulan Juli jumlah
pengunjung Villa Anai Resort Kayutanam sebanyak 343 orang. Sedangkan pada
bulan Agustus menjadi 311 atau terjadi penurunan sebesar 9,33%, dan pada bulan
seterusnya juga mengalami penurunan dikarenakan villa hanya ramai pada saat
hari libur atau lebaran. Pada bulan Desember jumlah pengunjung yang datang
mengalami kenaikan  sebanyak 382 orang atau terjadi peningkatan sebesar
108,74%  dibandingkan dari bulan sebelumnya, karena sebagian pelanggan
menghabiskan waktu liburannya dan pergantian tahun baru di Villa Anai Resort
tersebut.
Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui yang sebenarnya apa yang dipilih dan
diperhatikan oleh pengunjung dalam mengevaluasi seberapa penting dampak
kepuasan pengunjung objek wisata Villa Anai Resort Kayutanam.
Dalam penelitian ini yang menjadi target populasi adalah konsumen yang
menginap di Villa Anai Resort. Dengan kriteria telah berumur diatas 17 tahun,
yang datang ataupun menginap di Villa Anai Resort tersebut. Sampel dalam
penelitian ini yaitu sebahagian dari pelanggan yang datang mengunjungi Villa
Anai Resort Kayutanam sebanyak 138 responden. Metode pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penilaian purposive sampling.
Hasil penelitian rata-rata dari rata-rata penilaian kepuasan pengunjung atas
kualitas pelayanan diperoleh tingkat kepuasan 3,81 dan skor kualitas 3,89 yang
termasuk dalam kategori kurang memuaskan. Atribut yang perlu mendapat
perhatian adalah atribut yang berada di kuadrat A dalam diagram kartesius yaitu,
memberikan perhatian secara pribadi kepada pengunjung, ruangan sejuk dan nyaman, karyawan berpenampilan menarik saat melayani.
Kata kunci : Kepuasan Pengunjung atas Kualitas Pelayanan