KAJIAN DESKRIPTIF KEPUASAN PENGUNJUNG ATAS KUALITAS PELAYANAN PADA OBJEK WISATA VILLA ANAI RESORT KAYU TANAM

Authors

  • Elsy Winda Fitria
  • Lindawati Lindawati
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Dilihat  perkembangan jumlah pengunjung di Villa Anai  Resort Kayutanam dari
bulan Juli sampai bulan Desember 2016 berfluktuasi. Dimana bulan Juli jumlah
pengunjung Villa Anai Resort Kayutanam sebanyak 343 orang. Sedangkan pada
bulan Agustus menjadi 311 atau terjadi penurunan sebesar 9,33%, dan pada bulan
seterusnya juga mengalami  penurunan dikarenakan villa hanya ramai  pada saat
hari  libur atau lebaran.  Pada bulan Desember  jumlah pengunjung yang datang
mengalami  kenaikan   sebanyak  382  orang  atau  terjadi  peningkatan  sebesar
108,74%   dibandingkan  dari  bulan  sebelumnya,  karena  sebagian  pelanggan
menghabiskan waktu liburannya dan pergantian tahun baru di Villa Anai Resort
tersebut.

Tujuan penelitian  ini  ntuk mengetahui  yang  sebenarnya  apa  yang dipilih  dan
diperhatikan  oleh  pengunjung  dalam mengevaluasi  seberapa  penting  dampak
kepuasan pengunjung objek wisata Villa Anai Resort Kayutanam.
Dalam  penelitian  ini  yang  menjadi  target  populasi  adalah  konsumen  yang
menginap di Villa Anai  Resort.  Dengan kriteria telah berumur diatas 17 tahun,
yang  datang  ataupun  menginap  di  Villa  Anai  Resort  tersebut.  Sampel  dalam
penelitian ini  yaitu sebahagian dari  pelanggan yang datang mengunjungi Villa
Anai  Resort Kayutanam sebanyak 138 responden. Metode pengambilan sampel
yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penilaian purposive sampling.

Hasil  penelitian  rata-rata  dari  rata-rata  penilaian  kepuasan  pengunjung  atas
kualitas pelayanan diperoleh tingkat  kepuasan 3,81 dan skor kualitas 3,89 yang
termasuk  dalam kategori  kurang  memuaskan.  Atribut  yang  perlu  mendapat
perhatian adalah atribut yang berada di kuadrat A dalam diagram kartesius yaitu,
memberikan  perhatian  secara  pribadi  kepada  pengunjung,  ruangan  sejuk  dan nyaman, karyawan berpenampilan menarik saat melayani.

Kata kunci : Kepuasan Pengunjung atas Kualitas Pelayanan

Published

2018-02-16