PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP HEDONIC SHOPPINGVALUE DAN IMPULSEBUYING PADA CITRA SWALAYAN ANDALAS PADANG
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir ini perkembangan infrastruktur yang ada di kota
Padang terus mengalami peningkatan,oleh sebab itu pemerintah daerah terus berupaya untuk
memberikan kenyaman masyarakat dengan cara membangun infrastruktur yang dapat
mempermudah akses segala kebutuhan. Upaya tersebut adalah dengan membangun dan
mengembangkan usaha-usaha seperti mall-mall besar atau pasar modren.Globalisasi juga
merupakan faktor utama terciptanya permintaan atau meningkatnya permintaan barang dan
jasa ritel. Gerai merupakan tempat konsumen untuk melakukan pembelian baik itu terencana
maupun tak terencana, mampu menunjang segala kebutuhan konsumen adalah salah satu
tujuan utama setiap perusahan ritel diantaranya adalah Citra Swalayan Anadalas Padang.
Penelitian ini menguji mengenai Pengaruh Store Atmosphere terhadap Hedonic
Shopping Value dan Impulse Buying. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
mengunjungi dan berbelanja di Citra Swalayan Andalas Padang. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah non probability sampling
(
purposive sampling
)
mengingat jumlah
populasi yang digunakan dalam penelitian ini tidak terbatas atau tidak diketahui secara
pasti,data yang digunakan pada peneltitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Penelitian ini menggunakan tiga variabel indepedent yaitu Store Atmospeher dan dua
variabel dependen yaitu Hedonic Shopping Value dan Impulse Buying.Penelitian ini
menggunakan pengujian instrumen diantaranya Uji Validitas dan Uji Realibitas, Metode
analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisi Deskriptif dan analisi
Inferensial.
Penelitian ini menemukan bahwa Store Atmosphere berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Hedonic Shopping Value pada konsumen yang berbelanja di Citra
Swalayan Andalas Padang, Store Atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Impuse Buying pada Citra Swalayan Andalas Padang, pada pengujian hipotesis selanjutnya
Hedonic Shopping Value berpengaruh positif dan signifikan terhadap Impulse Buyingyang dirasakan konsumen disaat berbelanja di Citra Swalayan Andalas Padang.
Kata kunci : Store Atmosphere, Hedonic Shopping Value, Impulse Buying