Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Di Simpang Empat Pasaman Barat (Studi Pada Perumahan PT. Arupadhatu)

Authors

  • Ahmad Aris
  • Lindawati Lindawati
  • Irda Irda

Abstract

Keputusan pembelian harus dipahami oleh pemasar perusahaan dengan tujuan untuk membuat strategi
yang tepat. Menurut Schiffman dan Kanuk .Mendefinisikan bahwa keputusan adalah seleksi terhadap
dua pilihan alternatif atau lebih.dengan kata lain ,pilihan alternatif harus tersedia bagi seseorang
ketika pengambilan keputusan.seorang pemasar harus menguasai berbagai hal yang dapat
mempengaruhi pembeli dan mengembangkan suatu pengertian bagaimana sebenarnya seorang
konsumen membuat keputusan.
Terdapat lima tahap yang dilalui konsumen dalam proses pengambilan keputusan pembelian yaitu
pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan prilaku
pascas pembelian
Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian
Rumah disimpang Empat Pasaman Barat (Studi Pada Perumahan PT. Arupadhatu). Sampel dalam
penelitian ini adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian perumahan pasaman indah yang
ditawarkan oleh PT. Arupadhatu yang berjumlah 144 orang. Dalam penelitian ini menggunakan
teknik pengambilan sampel metode sensus. dimana seluruh populasi dijadikan sampel dikarenakan
jumlah populasinya kecil. Jenis data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran
kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dengan tipe SPSS16.
Uji hipotesis menggunakan uji T
statistik untuk membuktikan pengaruh variabel independen
terhadap variabel dependen secara persial atau individu.
Hasil penelitian ini menemukan bahwah Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian rumah disimpang empat Pasaman Barat pada perumahan PT. Arupadhatu. Harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah disimpang empat Pasaman
Barat pada perumahan PT. Arupadhatu. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian rumah disimpang empat Pasaman Barat pada perumahan PT. Arupadhatu. Promosi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian rumah disimpang empat Pasaman
Barat pada perumahan PT. Arupadhatu.
 
-tes

Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Produk, Harga, Lokasi, Promosi


Published

2018-02-16