PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN DAYA TARIK IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY DI PAINAN
Abstract
Sebuah perusahaan publik harus bisa memasarkan produk mereka dengan jeli dan tepat sasaran
dalam memasarkan produknya dan memperhatikan variabel–variabel yang akan
mempengaruhi dari penjualan produk tersebut, ini dikarenakan tingkat pesaing antar pelaku
bisnis pada era modern sekarang semakin tinggi dan kuat. Sepeda motor Honda Scoppy
merupakan sepeda motor berjenis scooter matic yang merupakan salah satu andalan perusahaan
Honda yang tampil dengan desain yang elegan dan futuristik yang menawan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan dan menganalisis bagaimana Pengaruh
Kualitas Produk, Harga dan Daya Tarik Iklan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor
Honda Scoopy di Painan. Objek penelitian ini yaitu sepeda motor Scoopy di Painan. Adapun
jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 80 konsumen yang membeli atau menggunakan
Sepeda Motor Honda Scoopy di Painan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan didalam
penelitian ini adalah purposive sampling. Metode analisi yang digunakan pada penelitian ini
yaitu dengan menggunakan regresi linear berganda. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari kuesioner.
Hasil dari penelitian ditemukan bahwa Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy di Painan, Harga berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy
di Painan dan Daya Tarik Iklan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Keputusan
Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy di Painan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
Perusahaan harus menjaga kinerja yang mereka miliki terutama yang berhubungan dengan
keputusan pembelian konsumen. Perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk
mengingat bahwa kualitas produk masih lemah, perusahaan harus bisa mepromosikan produk
dengan baik dan meningkat desainnya agar terus bisa bersaing di pasaran.
Kata kunci : Kualitas Produk, Harga, Daya Tarik Iklan dan Keputusan Pembelian