PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG KMP GAMBOLO DI KOTA PADANG

Authors

  • Dino Elka
  • Irda Irda
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Saat ini industri jasa di Indonesia menunjukan perkembangan yang sangat pesat. Terkait dengan
pertumbuhan industri jasa, di sisi lain meningkatnya keperluan masyarakat untuk bepergian
menggunakan kapal laut menjadi salah satu alasan. PT ASDP Indonesia, perusahaan
penyeberangan ini telah menyiapkan armada lautnya. KMP Gambolo guna melayani masyarakat
khususnya warga Sumatera Barat yang hendak bepergian menggunakan jasa penyeberangan
kapal dengan rute Padang – Mentawai.
KMP Gambolo sendiri memiliki kapasitas dan terdiri dari beberapa kelas : kelas I yang
berkapasitas 64 penumpang, kelas II yang berkapasitas 80 penumpang, dan kelas ekonomi yang
berkapasitas 1228 penumpang. Kapal ini juga mampu membawa barang mencapai 560 ton
termasuk air dan BBM. Selain itu, kapal dilengkapi 12 sekoci dengan muatan 25-30 orang. KMP
Gambolo juga memilikiruangan VIP, ruangan salon atau ruangan tempat nonton bagi
penumpang.

Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang timbul karena membandingkan
kinerja yang dipersepsikan produk (atau hasil) terhadap ekspektasi mereka. terciptanya kepuasan
dapat memberikan beberapa manfaat diantaranya hubungan antara perusahaan dan pelanggan
menjadi harmonis, memberi dasar bagi pembelian ulang dan menciptakan loyalitas konsumen
serta rekomedasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan perusahaan.
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh citra perusahaan, kualitas pelayanan, dan harga
terhadap kepuasan penumpang KMP Gambolo di kota Padang. Penelitian ini menggunakan
sampel 138 orang responden yang pernah menggunakan jasa KMP Gambolo di kota Padang.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi linear
berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua variabel independent yaitu citra
perusahaan, kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
penumpang KMP Gambolo di kota Padang.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel independen yaitu citra perusahaan,
kualitas pelayanan, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan penumpang
KMP Gambolo di kota Padang. Jadi dapat disimpulkan penumpang lebih mempertimbangkan
citra perusahaan dan harga dalam menggunakan jasa KMP Gambolo. Perusahaan harus
memahami dan mempertimbangkan kebutuhan dari penumpang.
Kata kunci : citra perusahaan, kualitas pelayanan, harga, kepuasan konsumen

Published

2018-02-16