PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGAN SIKOCI BANK NAGARI CABANG UTAMA PADANG

Authors

  • Anggra Pragana
  • Dahnil Johar
  • Dahliana Kamener Kamener

Abstract

 
Tabungan Sikoci merupakan salah satu produk terbaik yang dimiliki Bank
Nagari. Produk tersebut memiliki keunggulan yaitu memiliki biaya adminisrasi yang
relatif rendah, saldo minimum yang rendah, dan setoran awal yang kecil
dibandingkan tabungan lainnya.  Peneliti menduga terdapat sejumlah variabel yang
mempengaruhi variabel tersebut yaitu brand awareness dan brand image. Penelitian
ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh brand awareness, dan
brand image terhadap kepusan nasabah memilih produk Tabungan Sikoci Bank
Nagari Cabang Utama Padang.  

Pada penelitian ini digunakan sebanyak 94 orang nasaban produk Tabungan
Sikoci Bank Nagari Cabang Utama Padang. Proses pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan metode purposive sampling. Pada penelitian ini variabel
penelitian yang digunakan meliputi keputusan nasabah memilih produk Tabungan
Sikoci, brand awareness dan brand image.  

Metode analisis data yang digunakan untuk membuktikan kebenaran hipotesis
adalah model regresi berganda dan pengujian t-statistik. Proses pengolahan dilakukan
dengan menggunakan bantuan program SPSS. Sebelum dilakukan pengujian
hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian instrument penelitian yang meliputi uji
validitas dan reliabilitas, serta pengujian asumsi klasik yang meliputi pengujian
normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastiasitas.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan ditemukan bahwa
brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah
memilih produk Tabungan Sikoci Bank Nagari Cabang Utama, selain itu hasil
penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa brand image berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk Tabungan Sikoci Bank
Nagari Cabang Utama Padang.

Kata Kunci: Brand Awareness, Brand Image dan Keputusan Nasabah
 

Published

2018-02-16