PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI DISTRO SUBSTANCE KOTA PADANG

Authors

  • Irvan Charisma Agung
  • Ice Kamela
  • Irda Irda

Abstract

Kepuasan Pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul
setelah membandingkan antara harapan dan realisasi dari kinerja suatu organisasi.
Kepuasan atau rasa senang yang tinggi menciptakan ikatan emosional dengan merek
atau perusahaan yang bersangkutan

Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap
kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 60 responden yang
pernah melakukan pembelian pada Distro Subtance di Kota Padang. Penelitian ini
menggunakan dua variabel dependen yaitu kualitas produk dan citra merek.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang ditawarkan di distro
Substance mampu memenuhi segala keinginan atau harapan yang diharapkan oleh
pelanggan, akibatnya kepuasan dalam menggunakan produk yang ditawarkan dalam
distro Substance relatif meningkat. Selain itu konsumen juga mengakui bahwa produk tshirt

yang ditawarkan dalam Distro Substnce merupakan produk yang memiliki daya
tahan yang kuat, berkualitas, dan sesuai perkembangan mode saat ini. Begitu tinggi nilai
kualitas dari produk yang ditawarkan di Substance Kota Padang mendorong
meningkatnya kepuasan konsumen dalam berbelanja di Substance.

Hasil yang diperoleh tersebut juga mengisyaratkan bahwa seakin tinggi nilai citra merek
dari produk yang ditawarkan dalam distro Substance akan meningkatkan nilai kepuasan
yang dirasakan konsumen.. Keadaan tersebut terjadi karena merek produk yang dijual
didalam Distro Substance merupakan merek yang dikenal dan bereputasi tinggi,
tingginya tingkat reputasi dari merek sejalan dengan kualitas yang ditawarkan kepada
konsumen seperti daya tahan yang tinggi, corak dan mode t-shirt yang dijual adalah up
to date sesuai dengan perkembangan selera pasar pada saat ini, oleh sebab itu ketika
berbelanja dan membeli produk t-shirt yang ditawarkan dalam Distro Substance
kepuasan yang dirasakan konsumen terus mengalami peningkatan.
 
Kata kunci  : Kepuasan Pelanggan, Kualitas Produk, dan Citra Merek


Published

2018-02-16