PENGARUH BINTANG IKLAN, CITRA MEREK, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SABUN PEMBERSIH WAJAH MEREK GARNIER MEN (STUDI KASUS PADA CITRA SWALAYAN CABANG JALAN THAMRIN DI KOTA PADANG)

Authors

  • Revan Erlan Seventri
  • Dahnil Johar
  • Irda Irda

Abstract

Salah satu sabun pembersih wajah merek Garnier men bisa menjadi salah satu pilihan dan
alternatif  dalam mencari sabun pembersih wajah yang memiliki  kualitas  produk yang
handal dan juga telah diperiksa oleh badan pengawasan pangan, obat dan kosmetik. PT
loreal Indonesia adalah  salah satu perusahan multinasional unilever yang diminati oleh
konsumen  terbukti  dari  data  perkembangan penjualan sabun pembersih  wajah di  citra
swalayan cabang jalan thamrin di kota padang dimana dari bulan September sampai bulan
desember mengalami  kenaikan  penjualan  secara  konsisten.  Semakin  meningginya
keputusan  pembelian produk sabun  pembersih  wajah  merek  Garnier  Men  pada  Citra
swalayan cabang jalan Thamrin di kota Padang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh bintang iklan, citra merek dan kualitas
produk terhadap keputusan pembelian produk sabun pembersih wajah merek Garnier Men
pada Citra swalayan cabang jalan Thamrin di kota Padang.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk sabun
pembersih wajah merek Garnier Men pada Citra swalayan cabang jalan Thamrin di kota
Padang. Sampel yang digunakan berjumlah 80 orang responden.

Teknik pengambilan sampel  adalah  Snowball  sampling.  Jenis data dalam penelitian ini
adalah data primer dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini
adalah analisis regresi  linier berganda.  Uji hipotesis dengan menggunakan uji t statistik
untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen parsial.

Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) bintang iklan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan  pembelian produk sabun  pembersih  wajah  merek  Garnier  Men  pada  Citra
swalayan  cabang  jalan  Thamrin  di  kota  Padang.(2)  Citra  merek tidak  berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian produk sabun pembersih wajah merek Garnier
Men pada Citra swalayan cabang jalan Thamrin di kota Padang. (3) Kualitas produk tidak
berpengaruh signifikan terhadap produk sabun pembersih wajah merek Garnier Men pada
Citra swalayan cabang jalan Thamrin di kota Padang.
Kata kunci: Bintang Iklan, Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Published

2018-02-16