PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA PADA PRODUK AXE (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Bung Hatta Padang)

Authors

  • Aldo Maulana Akbar
  • Irda Irda
  • Zeshasina Rosha

Abstract

Parfum merupakan komiditi yang cukup penting untuk bagi sebagian besar
mahasiswa pria untuk dijadikan kebutuhan sehari-hari. Dengan melihat sisi ini,
industri modern berupaya menggunakan ide ini sebagai lahan penghasilan mereka.

Produk Axe dari PT. Unilever merupakan salah satu merek yang ternama dan
cukup dijadikan pertimbangan mahasiswa pria untuk menjadi pilihan untuk
kebutuhan parfum mereka. Hal ini terbukti dari data top brand index yang
memiliki fluktuasi dari tahun 2014 hingga 2016, walaupun begitu parfum Axe
menempati posisi pertama di setiap tahunnya. Akan tetapi peneliti menemukan
gap antara data top brand index dengan survey awal peneliti pada sejumlah
mahasiswa pria, pada survey awal produk Gatsby Splash Cologne lah yang
menempati posisi pertama, hal ini menjadi indikasi untuk melakukan penelitian
ini.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh iklan dan citra merek
terhadap minat beli mahasiswa pada produk parfum merek Axe di Universitas
Bung Hatta. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa pria yang telah mengetahui iklan Axe minimal satu kali, yang berjumlah 60 responden.

Teknik pengambilan sampel adalah non probability dengan jenis convenience
sampling. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dari penyebaran
kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier
berganda. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t statistik untuk melihat
pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen parsial.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) iklan tidak berpengaruh signifikan
terhadap minat beli parfum merek Axe di Universitas Bung Hatta. (2) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli parfum merek Axe di Universitas Bung Hatta.

Kata kunci : Iklan, Citra Merek, Minat Beli

Published

2018-02-16