PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN BERBELANJA DI SJS PLAZA KOTA PADANG
Abstract
Terlihat bahwa terjadi fluktuasi jumlah pengunjung SJS Plaza Kota Padang. Pada
bulan Januari jumlah pengunjung SJS Plaza Kota Padang adalah sebesar 2.433
pengunjung, terus mengalami penurunan hingga bulan Mei menjadi 1877
pengunjung. Memasuki bulan Juni hingga Juli terjadi peningkatan yang signifikan
jumlah pengunjung SJS Plaza kota Padang menjadi 2890 pengunjung,
peningkatan tersebut bertepatan dengan bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri,
akan tetapi pada bulan berikutnya jumlah pengunjung berkurang secara teratur
hingg bulan November, sedangkan memasuki akhir tahun jumlah pengunjung SJS
Plaza Kota Padang kembali meningkat menjadi 1879 pengunjung. Terjadinya
fluktuasi jumlah pengunjung SJS Plaza Kota Padang menunjukan berkurangnya
nilai loyalitas yang dimiliki pelanggan untuk memiliki SJS Plaza sebagai tempat
berbelanja
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan
terhadap loyalitas pelanggan berbelanja di SJS Plaza Kota Padang. Populasi dan
sampel dalam penelitian ini adalah Pelanggan yang berbelanja dan mengunjungi
SJS Plaza Kota Padang berjumlah 96 orang responden.
Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis data dalam
penelitian ini adalah data primer dari penyebaran kuesioner. Metode analisis data
dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis dengan
menggunakan uji t statistik untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap
variabel dependen parsial. Â
Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) lokasi berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan berbelanja di SJS Plaza Kota Padang. (2) kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan berbelanja di SJS Plaza Kota
Padang. Â
Kata kunci: Lokasi, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan