PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA HOTEL INA MUARA PADANG

Authors

  • Resi Darma Syaputri
  • Yulihar Mukhtar
  • Irda Irda

Abstract

Pemerintah daerah Sumatera Barat sangat menyadari bahwa kekurangan
potensi sumber daya alam mengakibatkan keterbelakangan ekonomi, sehingga
mendorong pembangunan di Sumatera Barat mengalami ketertinggalan
dibandingkan sejumlah daerah yang kaya terhadap potensi sumber daya alam,
oleh sebab itu pemerintah daerah mencanangkan untuk menjadikan Sumatera
Barat sebagai daerah wisata. Untuk mewujudkan tujuan tersebut pemerintah
daerah mulai mengajukan permohonan kerja sama dengan sejumlah pihak, untuk
berinvestasi di Sumatera Barat. Salah satu kota di Sumatera Barat yang
direncanakan pemerintah Sumatera Barat menjadi salah satu pusat pariwisata
bahari adalah Padang. Untuk menjadikan Kota Padang sebagai kota wisata, salah
satu infrastruktur yang dikembangkan adalah bidang perhotelan. Salah satu hotel
berbintang lima di Kota Padang adalah Hotel Ina Muara Padang. Penelitian ini
bertujuan untuk membuktian dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa
terhadap loyalitas pelanggan Hotel Ina Muara Padang. Ukuran atau jumlah sampel
yang digunakan berjumlah 80 orang responden yang dipilih secara random. Proses
pengumpulan data dan informasi dilakukan dengan menggunakan kuesioner.
Variabel penelitian yang digunakan meliputi produk, harga, promosi, tempat,
bukti fisik, orang dan proses. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model
regresi berganda dan pengujian t-statistik. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis
produk, harga, promosi, people dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pelanggan menggunakan Hotel Ina Muara Padang, sedangkan tempat dan
bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan menggunakan
Hotel Ina Muara Padang.

Kata Kinci: Produk, Harga, Promosi, Tempat, Bukti Fisik, People, Proses.

Published

2018-02-16