PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PEMAKAIAN KAMERA CANON TIPE DSLR DI KOTA PADANG

Authors

  • Reyhan Reyhan
  • Irda Irda
  • Lindawati Lindawati

Abstract

Pada era digital saat ini produsen kamera DSLR (digital single lens reflex) gencar
menciptakan teknologi baru yang kemudian akan berpengaruh pada dihasilkannya seri
kamera DSLR baru sehingga semakin banyak seri kamera DSLR yang beredar di pasaran.
Pada seri-seri yang bermacam-macam tersebut terdapat tingkatan untuk para penggunanya
masing-masing. Ada kamera DSLR yang dirancang untuk kategori pemula pada kelas entry
level yang ditujukan untuk fotografer pemula yang masih baru dalam dunia fotografi dengan
spesifikasi sederhana tidak sebaik dan selengkap kategori penghobi maupun professional,
kemudian ada kategori penghobi dengan kelas semi penghobi dan penghobi yang ditujukan
untuk fotografer atau penghobi yang mulai serius dalam dunia fotografi dan menginginkan
spesifikasi yang lebih daripada kategori pemula namun belum sebaik kategori professional,
dan ada kategori professional dengan kelas semi-profesional dan professional yang ditujukan
bagi konsumen yang serius dalam dunia fotografi atau juga fotografer profesional yang
membutuhkan spesifikasi lebih baik dan lengkap dibandingkan dengan kategori pemula
maupun advancedl.
 
Suatu keputusan dapat dibuat hanya jika ada beberapa alternatif yang dipilih. Apabila
alternatif pilihan tidak ada maka tindakan yang dilakukan tanpa adanya pilihan tersebut tidak
dapat dikatakan membuat keputusan.Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
keputusan pembelian merupakan kegiatan pemecahan masalah yang dilakukan individu
dalam pemilihan alternatif perilaku yang sesuai dari dua alternatif perilaku atau lebih dan
dianggap sebagai tindakan yang paling tepat dalam membeli dengan terlebih dahulu melalui
tahapan proses pengambilan keputusan.
 
Penelitian ini menguji mengenai pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap
keputusan pembelian pada pemakaian kamera Canon tipe DSLR dikota Padang. penelitian ini
menggunakan sampel sebanyak 60 orang responden yang pernah menggunakan kamera
Canon tipe DSLR dikota Padang. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semua
variabel independent yaitu kualitas produk dan citra merek hanya kualitas produk yang
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pemakaian kamera
Canon tipe DSLR dikota Padang

 Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua variabel independen yaitu kualitas
produk dan citra merek hanya kualitas produk yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada pemakaian kamera Canon tipe DSLR dikota Padang. Jadi
dapat disimpulkan konsumen lebih mempertimbangkan kualitas produk dibandingkan citra
merek  dalam memutuskan untuk menggunakan produk tersebut. Perusahaan harus lebih
memahami dan mempertimbangkan kebutuhan dari konsumen.

Kata kunci : Kualitas Produk, Citra Merek, dan Keputusan Pembelian




Published

2018-02-16