PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, UMUR PERUSAHAAN, DAN FINANCIAL LEVERAGE TERHADAP TINGKAT UNDERPRICING SAHAM PADA SAAT INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2013-2017

Authors

  • Danil Oktavian
  • . Meihendri
  • Yeasy Darmayanti

Abstract

Initial Public Offering (IPO) merupan kegiatan bersejarah bagi perusahaan karena untuk pertama kalinya menawarkan saham yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat luas. Harga saham yang akan di jual di pasar perdana ditentukan terlebih dahulu oleh emiten dan underwriter. Apabila pada saat penentuan harga saham pada saat IPO lebih rendah dibandingkan dengan harga yang terjadi di pasar sekunder, fenomena ini disebut dengan underpricing. Fenomena underpricing masih sering terjadi pada perusahaan yang melakukan IPO, dimana dari 122 perusahaan yang melakukan IPO di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017 100 diantaranya mengalami underpricing. Penelitian ini menggunakan 4 variabel independen yaitu ukuran perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan, dan financial leverage dengan underpricing sebagai variabel dependen.

Pada penelitian ini peneliti menggunakan signalling theory. Menurut Michaely, et al., (1994) signalling theory merupakan suatu sinyal kepada investor dan pasar mengenai perusahaan yang memiliki prospek yang cukup bagus dimana orang yang berada didalam perusahaan lebih banyak mengetahui informasi tentang perusahaan sehingga apapun tindakan yang dilakukan oleh perusahaan merupakan sinyal kepada pihak luar mengenai perusahaan.sinyal yang diberikan kepada investor dan pasar akan mempengaruhi tingkat underpricing saham.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan IPO di BEI periode 2013-2017. Sampel yang di peroleh sebanyak 77 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengolahan data menggunakan program SPSS v.16. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap tingkat underpricing. Profitabilitas dan financial leverage berpengaruh terhadap tingkat underpricing.

Kata kunci : IPO, Underpricing, ukuran perusahaan, profitabilitas, umur perusahaan, dan financial leverage.

Published

2018-08-17