THE ROLE OF MARKET COMPETITION MODERATES THE RELATIONSHIP BETWEEN BUSINESS STRATEGY AND EARNINGS MANAGEMENT

Authors

  • Vina Pelita Putri
  • . Zaitul
  • . Yunilma

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang peran persaingan pasar memoderasi hubungan antara strategi bisnis dan manajemen laba. Laporan keuangan merupakan salah satu alat untuk mengukur baik kinerja perusahaan, terutama pada jumlah laba yang dilaporkan, sehingga manejemen sering menyalahgunakan laporan keuangan dengan mengubah metode akuntansi, yang akan mempengaruhi laba pada laporan keuangan. Tindakan tersebut dikenal dengan manajemen laba.

Penelitian ini menggunakan teori agensi yang menekankan hubungan antara principal (pemilik) dan agent (pengelola) (Jensen dan Meckling, 1976). Teori agensi menyatakan adanya asimetri informasi diantara principal dan agent.

Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur; sub-sektor industri dasar dan kimia. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel akhir dalam penelitian ini 26 perusahaan dengan 130 observasi. Moderated Regression Analysis (MRA) sebagai teknik analisis hipotesis.

Dalam penelitian ini mengajukan 5 hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) strategi kepemimpinan biaya tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, (ii) strategi diferensiasi berpengaruh terhadap manajemen laba, (iii) persaingan pasar tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, (iv) interaksi persaingan pasar dan strategi kepemimpinan biaya berpengaruh terhadap manajemen laba, (v) interaksi persaingan pasar dan strategi diferensiasi berpengaruh terhdap manajemen laba.

Kata Kunci: strategi tingkat bisnis, kepemimpinan biaya, diferensiasi, persaingan pasar, manajemen laba.

Published

2018-08-20