PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP REAKSI PASAR MODAL (STUDI EMPIRIS: PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2012-2016)
Abstract
Pasar modal merupakan sarana bagi pihak yang membutuhkan modal jangka panjang dari masyarakat umum. Perusahaan TAXI yang mengalami utang yang cukup tinggi, tetapi harga sahamnya melonjak, selanjutnya perusahan PT. Indofood CBP dapat meningkatkan profitabilitasnya, tetapi harga sahamnya justru menurun dan perusahaan PT. Matahari Departemen Store Tbk yang menutup dua gerainya, tetapi harga sahamnya meningkat. Dengan fenomena ini berarti ada reaksi pasar di BEI. Penelitian ini menggunakan 3 variabel independen yaitu leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan dengan reaksi pasar modal sebagai variabel dependennya.
Penelitian ini menggunakan signalling theory,menurut Arifin (2007) teori signaling merupakan informasi tentang keunggulan kinerja perusahaannya sehingga dapat secara cepat diterima oleh para investor. Sinyal yang timbul dalam harga saham akan membuat para investor bereaksi.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Sampel yang diperoleh sebanyak 50 perusahaan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Pengolahan data menggunakan program SPSS v. 16. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Leverage dan Profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap reaksi pasar modal dan Ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap reaksi pasar modal.
Kata Kunci : Reaksi pasar modal, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan