PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP EARNING RESPONSE COEFFICIENT (STUDI KASUS PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR PADA INDEKS LQ45 DI BEI PERIODE 2012-2016)

Authors

  • Rani Afriyani
  • . Yunilma
  • Daniati Puttri

Abstract

Pasar modal memiliki peran besar bagi perkembangan perekonomian di Indonesia. Seiring
berkembangnya perekonomian tersebut membuat pasar modal mengalami peningkatan yang
dapat dilihat dari meningkatnya indeks harga saham gabungan. Dengan melihat perkembangan
indeks harga saham gabungan yang terus mengalami perubahan, maka hal tersebut
mempengaruhi nilai return pasar yang diwakili dengan indeks harga saham gabungan, dimana
return pasar tersebut digunakan untuk melihat Earning Response Coefficient (ERC). Earning
Response Coefficient merupakan koefisien yang mengukur besarnya abnormal return suatu
sekuritas yang menimbulkan suatu reaksi terhadap pengumuman laba dari suatu perusahaan.

Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori pasar efisiensi. Menurut Tandelilin (2010)
pasar efisiensi adalah pasar dimana semua sekuritas yang diperdagangkan telah mencerminkan
semua informasi yang tersedia. Suatu pasar bereaksi terhadap suatu informasi untuk mencapai
harga keseimbangan yang baru merupakan hal yang penting. Jika pasar bereaksi dengan cepat
dan akurat untuk mencapai harga keseimbangan baru yang sepenuhnya mencerminkan informasi
yang tersedia, maka kondisi pasar seperti ini disebut pasar efisien.

Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar pada Indeks LQ45 di Bursa Efek
Indonesia (BEI) periode 2012-2016. Sampel berjumlah 83 data. Jenis data yang digunakan
adalah data sekunder yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id
dan untuk harga saham diakses dari situs www.duniainvestasi.com/bei/. Teknik pengambilan
sampel dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan variabel
dependen Earning Response Coefficient dan variabel independen yaitu, Leverage, Profitabilitas
dan Growth Opportunity.

Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa Leverage, Profitabilitas dan Growth Opportunity berpengaruh negatif
signifikan terhadap Earning Response Coefficient.

Kata Kunci : Earning Response Coefficient, Leverage, Profitabilitas dan Growth Opportunity

Published

2018-08-23