PENGARUH CLIENT IMPORTANCE DAN ROTASI KAP TERHADAP KUALITAS AUDIT DAN DAMPAKNYA PADA EARNINGS PREDICTABILITY

Authors

  • Miftahul Rahmi
  • . Zaitul
  • . Herawati

Abstract

Kualitas audit merupakan suatu kemungkinan dimana auditor dapat menemukan pelanggaran atau kecurangan pada informasi akuntansi klien. Kualitas audit berperan penting dalam informasi akuntansi dan berpengaruh dalam kualitas pengambilan suatu keputusan serta mampu mengurangi faktor ketidakpastian yang berkaitan dengan laporan keuangan yang disajikan oleh pihak manajemen. Di Indonesia hanya faktor penentu kualitas audit yang banyak di teliti, namun sangat jarang yang meneliti mengenai faktor penentu disertai dengan dampak dari kualitas audit tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti secara empiris tentang pengaruh Client Importance dan Rotasi KAP Terhadap Kualitas Audit dan Dampaknya Pada Earnings Predictability. Client importance diukur dengan menggunakan Rasio CI KAPi, rotasi KAP diukur menggunakan variabel dummy, kualitas audit diukur menggunakan variabel dummy, dan earnings predictability diukur dengan variansi residual.
Penelitian ini menggunakan teori keagenan yang menekankan hubungan antara pemegang saham (principal) dengan pengelola perusahaan (agent) (Jensen dan Meckling, 1976). Teori keagenan (agency theory) menyatakan perlunya jasa independen auditor dengan kualitas audit yang baik yaitu sebagai penghubung antara pemilik (principal) dengan manajemen (agent).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sektor perusahaan jasa yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2013-2016 kecuali sektor keuangan. Sampel penelitian ini sebanyak 66 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu kualitas audit dan earnings predictability untuk melihat dampak/pengaruh kualitas audit. Variabel independen yang digunakan ada dua, yaitu client importance dan rotasi KAP serta variabel kontrol dalam penelitian ini ada empat yaitu ukuran perusahaan, umur perusahaan, leverage, dan profitabilitas.
Pengolahan data menggunakan program SPSS 16.0 dan GRETL 15.0. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan 2 model regresi yaitu regresi binary logistic dan regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) client importance tidak berpengaruh terhadap kualitas audit, (ii) rotasi KAP berpengaruh negatif terhadap kualitas audit, dan (iii) kualitas audit berpengaruh negatif terhadap earnings predictability.
Kata Kunci : Client Importance, Rotasi KAP, Kualitas Audit dan Earnings Predictability

Published

2018-08-23