PENGARUH TAX AVOIDANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DAN AGENCY COST
Abstract
Nilai perusahaan adalah persepsi investor terhadap perusahaan, yang berkaitan dengan harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tax avoidance terhadap nilai perusahaan dan agency cost dengan umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage sebagai variabel kontrol.
Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tax avoidance yang diukur menggunakan cash effective tax rate (CETR). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan yang diukur menggunakan Tobin’s Q dan agency cost menggunakan rasio STA (sales to total asset). Kemudian variabel kontrol berupa umur perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas dan leverage.
Penelitian ini modifikasi penelitian yang dilakukan Chen, Hu dan Wang (2013). Penelitian ini menggunakan data sekunder.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 37 perusahaan per tahunnya. Setelah dilakukan pengolahan data, terdapat 5 data perusahaan outlier yang harus dikeluarkan dari sampel penelitian, sehingga jumlah sampel akhir yang digunakan adalah 32 perusahaan.
Dalam penelitian ini mengajukan dua hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tax avoidance berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. (2) Tax avoidance juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap agency cost. Akhir dari hasil penelitian ini terdapat empat variabel kontrol yang berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dan dari empat variabel tersebut terdapat dua variabel kontrol tidak berpengaruh signifikan terhadap agency cost.
Kata kunci : Tax avoidance, nilai perusahaan, agency cost