PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL, KECERDASAN INTELEKTUAL, PERILAKU BELAJAR, GENDER DAN BUDAYA TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, perilaku belajar, gender dan budaya terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Pemahaman mengenai akuntansi merupakan suatu tolak ukur keberhasilan belajar dibidang akuntansi. Pemahaman diartikan sebagai suatu cara untuk mengerti akan suatu hal. Agar dapat menghasilkan pemahaman yang baik terhadap mata kuliah akuntansi ada faktor yang mempengaruhinya seperti factor cara belajar dan factor kepribadian dari mahasiswa itu sendiri.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori atribusi. Teori atribusi mempelajari proses bagaimana seseorang menafsirkan suatu peristiwa, alas an atau sebab perilakunya. Perilaku seseorang itu ditentukan oleh kombinasi antara kekuatan internal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari dalam diri seseorang dan kekuatan eksternal, yaitu faktor-faktor yang berasal dari luar.
Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif dalam perkuliahan di jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi perguruan tinggi Negeri dan Swasta di Kota Padang. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Terdapat 225 responden yang menjadi sampel penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Uji yang digunakan yaitu uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (2) kecerdasan intelektual tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (3) perilaku belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi,(4) gender berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, (5) budaya tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi
Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan spiritual, perilaku belajar dan gender berpengaruh positif signifikanterhadap tingkat pemahaman akuntansi sedangkan kecerdasan intelektual dan budaya tidak berpengaruh signifikanterhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Kata Kunci : tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, perilaku belajar, gender, budaya