ANALISIS PENGARUH UTANG LUAR NEGERI, EKSPOR, INVESTASI ASING DAN INFLASI TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO PERIODE 1990-2017 (STUDI KASUS NEGARA BERKEMBANG DAN NEGARA MAJU)

Authors

  • Muhammad Syukri
  • Evi Susanti Tasri
  • firdaus Sy

Abstract

INTISARI
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh utang luar negeri, ekspor, investasi asing dan inflasi terhadap produk domestik bruto (PDB) di Indonesia sebagai negara berkembang dan Amerika Serikat sebagai negara maju. PDB digunakan sebagai tolak ukur baik buruknya perekonomian sebuah negara dan sebagai tolak ukur kesejahteraan masyarakat. Pada 5 tahun terakhir (2013-2017) nilai PDB Indonesia mengalami peningkatan, tetapi tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan dari tahun 2013-2015 yaitu sebesar 5,6 persen, 5 persen dan 4,9 persen. Sedangkan tahun 2016-2017 tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kenaikan sebesar 5 persen dan 5,1 persen.
Teori pada penelitian ini menggunakan teori Keynesian Harrod-Domar. Teori Harrod-Domar menganalisis persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan oleh suatu negara agar perekonomian dapat tumbuh dan berkembang dalam jangka panjang secara mantap. Harrod-Domar memberikan peranan penting pembentukan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pengeluaran investasi tidak hanya mampu mempengaruhi permintaan agregatif, namun juga mampu mampu mempengaruhi penawaran agregatif, melalui perubahan kapasitas produksi.
Penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk data Time Series dengan series data 28 tahun dari tahun 1990-2017. Data ini bersumber dari World Bank yang terdiri dari negara Indonesia dan Amerika Serikat. Metode amalisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis linear berganda dengan menggunakan paket program Eviews 8.
Dalam penelitian ini mengajukan empat hipotesis yaitu 1) diduga ada pengaruh signifikan antara utang luar negeri terhadap PDB di Indonesia dan Amerika Serikat. 2) diduga ada pengaruh signifikan antara ekspor terhadap PDB di Indonesia dan Amerika Serikat. 3) diduga ada pengaruh signifikan antara investasi asing terhadap PDB di Indonesia dan Amerika Serikat. 4) diduga ada pengaruh signifikan antara inflasi terhadap PDB di Indonesia dan Amerika Serikat.
Kesimpulan pada penelitian ini menujukkan bahwa 1) utang luar negeri dan ekspor Indonesia berpengaruh positif dan signifikan terhadap PDB Indonesia, sedangkan investasi asing dan inflasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDB Indonesia. 2) investasi asing Amerika Serikat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap PDB Amerika Serikat, sedangkan utang luar negeri, ekspor, dan inflasi Amerika Serikat berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap PDB Amerika Serikat
Kata kunci: Produk Domestik Bruto, Utang Luar Negeri, Ekspor, Investasi Asing, Inflasi

Published

2018-08-24