ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERGERAKAN KURS (RP/USD) DI INDONESIA TAHUN 1990-2017

Authors

  • Rizky rio rahmat
  • Alvis Rozani
  • Erni febrina harahap

Abstract

INTISARI :
Nilai tukar atau sering disebut dengan Kurs merupakan harga suatu mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing. Keberadaan nilai tukar dalam perekonomian suatu bangsa merupakan salah satu tolak ukur dalam perdagangan pasar barang dan jasa serta pasar keuangan. Namun semenjak krisis ekonomi moneter tahun 1998 berdampak buruk terhadap nilai tukar. Semenjak tahun 1998 sampai 2017 nilai tukar Rupiah terhadap USD cendrung terdepresiasi sehingga hal ini berdampak buruk terhadap perekonomian aspek keuangan maupun kegiatan ekspor impor di Indonesia.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dengan pendekatan moneter yang mengatakan bahwa pergerakkan kurs dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran uang, selanjutnya yaitu pendekata International Fisher Effect yang mengatakan bahwa pergerakan kurs dipengaruhi oleh tingkat suku bunga dalam negeri dan tingkat suku bunga luar negeri serta teori paritas daya beli yang mengatakan bahwa pergerakkan kurs dipengaruhi oleh harga.
Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jumlah uang beredar, produk domestik brutto, suku bunga deposito, Federal fund rate dan inflasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode error correction model yang bertujuan untuk menganalisa pengaruh jangka pendek dan jangka panjang dari masing-masing variabel dependent terhadap variabel independent.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Jumlah uang beredar dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap kurs. 2). Produk domestik bruto dalam jangka penden maupun jangka panjang berpengaruh signifikan dan berhubungan negatif terhadap kurs. 3). Suku Bunga Deposito dalam jangka pendek tidak berpengaruh signifikan terhadap kurs sedangkan dalam jangka panjang berpengaruh signifikan terhadap kurs dan berhubungan positif. 4). Federal fund rate dalam jangka pendek maupun jangka panjang tidak berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap kurs. 5). Inflasi dalam jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh signifikan dan berhubungan positif dengan Kurs.
Kata kunci : Kurs, Jumlah Uang Beredar, Produk Domestik Bruto, Suku Bunga Deposito, Federal Fund Rate, inflasi.

Published

2018-08-24