ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CADANGAN DEVISA INDONESIA (PERIODE 1995-2016)

Authors

  • Annisa Annisa
  • Antoni Antoni
  • Erni febrina harahap

Abstract

INTISARI
Cadangan devisa merupakan salah satu sumber pembiayaan perdagangan luar negeri yang dikelola oleh Bank Indonesia dan juga cadangan devisa merupakan kunci utama suatu negara untuk dapat menghindari krisis ekonomi dan keuangan. Cadangan devisa dalam jumlah yang cukup merupakan salah satu jaminan tercapainya stabilitas moneter, dan perekonomian makro suatu negara. Oleh karena itu perlu mengkaji dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi cadangan devisa Indonesia.
Teori yang digunakan dalam peneltian ini adalah teori perdagangan Internasional dan neraca pembayaran yang menjelaskan bahwa besar kecilnya cadangan devisa suatu negara ditentukan oleh kegiatan perdagangan ekspor dan impor serta arus modal negara berupa bantuan luar negeri, penanaman modal asing, serta utang luar negeri. Sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan bagaimana dalam jangka pendek dan jangka panjang variabel ekspor, nilai tukar rupiah, utang luar negeri, dan penanaman modal asing memiliki pengaruh terhadap cadangan devisa Indonesia.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series selama 22 tahun yang dimulai dari tahun 1995 sampai dengan 2016, data yang digunakan diperoleh dari Bank Indonesia, Badan Pusat Statistik dan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang ekspor dan utang luar negeri memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap cadangan devisa. Nilai tukar rupiah dalam jangka pendek memiliki hubungan yang negatif dan signifikan, sedangan dalam jangka panjang memilki hubungan yang positif namun tidak signifikan terhadap cadangan devisa. Penanaman modal asing dalam jangka pendek memiliki hubungan yang negatif dan tidak signifikan, sedangkan dalam jangka panjang memiliki hubungan yang positif dan tidak signifikan terhadap cadangan devisa.
Kata kunci : Cadangan devisa, ekspor, nilai tukar rupiah, utang luar negeri dan penanaman modal asing.

Published

2018-08-24