ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) SUMATERA BARAT

Authors

  • Nofri Naldi
  • Evi Susanti Tasri
  • kasman karimi

Abstract

INTISARI
Pertumbuhan ekonomi dalam pembangunan ekonomi adalah sangat penting, sebab pemerataan tanpa pertumbuhan ekonomi berarti membagi atau memeratakan kemiskinan. Sedangkan pembangunan ekonomi adalah memeratakan kemakmuran dan itu bisa terjadi apabila pertumbuhan ekonomi cukup tinggi, melampaui pertumbuhan jumlah penduduk.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori model pertumbuhan agregat yang mengatakan bahwa Pada umumnya orang sependapat bahwa pertumbuhan regional dapat terjadi sebagai akibat dari penentu-penentu endogen maupun eksogen yaitu faktor-faktor yang terdapat pada daerah yang bersangkutan ataupun faktor-faktor diluar daerah serta kombinasi dari keduanya. Faktor-faktor penentu yang penting dari dalam daerah meliputi distribusi faktor-faktor seperti tanah, tenaga kerja dan modal, sedangkan salah satu faktor penentu dari luar daerah yang penting adalah tingkat pemintaan dari daerah lain terhadap komoditas yang dihasilkan oleh daerah tersebut.
Dari teori yang digunakan dalam penelitian ini mengambil 4 hipotesis yaitu 1)Diduga ada pengaruh yang signifikan antara tenaga kerja terhadap produk domestik regional bruto. 2) Diduga ada pengaruh yang signifikan antara inflasi terhadap produk domestik regional bruto. 3) Diduga ada pengaruh yang signifikan antara indeks pembangunan manusia terhadap produk domestik regional bruto. 4) Diduga ada pengaruh signifikan antara usaha kecil dan menegah terhadap produk domestik regional bruto.
Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa 1).Tenaga Kerja berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap produk domestik regional bruto. 2). Inflasi berpengaruh tidak signifikan dan berhubungan positif terhadap Produk Domestik Regional Bruto. 3). Indeks pembangunan manusia berpengaruh tidak signifikan dan berhubungan negatif terhadap produk domestik bruto. 4). Usaha kecil dan menengah berpengaruh signifikan dan berhubungan positif terhadap Produk domestik regional bruto.
Kata kunci : Produk Domestik Regional Bruto, Tenaga Kerja, Inflasi, Indeks Pembangunan Manusia, dan Usaha Kecil Menengah.

Published

2018-08-24