ANALISIS STRUKTUR EKONOMI DAN PENENTUAN SEKTOR UNGGULAN DI KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Okta Pratama Putra
  • Erni Febrina Harahap
  • nurul huda

Abstract

INTISARI
Sektor unggulan merupakan tumpuan harapan pembangunan ekonomi dan penggerak perekonomian. Satu-satunya sektor ekonomi yang bisa meningkatkan perekonomian wilayah melebihi pertumbuhan alamiah adalah sektor basis. Oleh karena itu analisis penentuan sektor unggulan sangat berguna untuk mengkaji dan memproyeksi pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi sektor-sektor unggulan di Kabupaten Solok. Data yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data PDRB Kabupten Solok dan Provinsi Sumatera Barat tahun 2010-2016 yang diterbitkan oleh BPS. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Location Quotient (LQ), Shift-Share, Tipologi Klassen dan Model Rasio Pertumbuhan (MRP).
Hasil penelitian berdasarkan analisis LQ menunjukkan bahwa sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan serta sektor pertambangan dan penggalian merupakan sektor basis di Kabupaten Solok. Berdasarkan alat analisis Shift Share, untuk pertumbuhan regional di seluruh sektor utama di Kabupaten Solok mengalami pertumbuhan yang lambat, sedangkan menurut pertumbuhan proporsional seluruh sektornya mengalami kemajuan, lalu menurut proporsi pangsa wilayah, seluruh sektor di Kabupaten Solok memiliki daya saing yang kuat. Berdasarkan analisis Tipologi Klassen hanya terdapat satu sektor yang mengalami perkembangan cepat di Kabupaten Solok yakni sektor pertanian, kehutanan dan perikanan. Berdasarkan analisis Model Rasio Pertumbuhan (MRP), sektor-sektor yang berada pada klasifikasi satu (pertumbuhan menonjol) adalah sektor pengadaan listrik dan gas, sektor kontruksi, perdagangan besar dan enceran; reparasi mobil dan sepeda motor, sektor informasi dan komunikasi, dan sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial.
Kesimpulan dari penelitian tersebut, pemerintah harus lebih fokus memberikan perhatian kepada peningkatan sektor-sektor non basis. Pemerintah sebaiknya di dalam penyusunan anggaran APBD Kabupaten Solok lebih difokuskan pada pembangunan sarana dan prasarana pada sektor non basis dan mengoptimalkan setiap potensi yang di miliki oleh masing-masing daerah di Kabupaten Solok.
Kata kunci : Sektor Unggulan, Location Quotient (LQ), Shift-Share,
Tipologi Klassen, Model Rasio Pertumbuhan (MRP)

Published

2018-08-24