ANALISIS POTENSI UNGGULAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI DIKOTA PADANG

Authors

  • Riri Aini Rahayu
  • Nurul Huda
  • Helmawati Helmawati

Abstract

INTISARI
Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator dalam menentukan keberhasilan pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi menggambarkan suatu dampak nyata dari kebijakan pembangunan yang dilaksanakan khususnya dibidang ekonomi tanpa adanya pertumbuhan ekonomi, maka ekonomi dinilai kurang berhasil. Pertumbuhan ekonomi merupakan tolak ukur perekonomian suatu daerah.
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan mengidentifikasi sektor-sektor unggulan di Kota Padang. Penelitian ini menggunakan jenis data sekunder, data pada penelitian yaitu data PDRB Kota Padang dan Provinsi Sumatera Barat tahun 2011 - 2016 yang diterbitkan oleh BPS. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Location Quotient, Growth Ratio Model (GRM) dan Overlay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi unggulan Kota Padang adalah Sektor jasa perusahaan, sektor jasa keuangan dan asuransi, sektor jasa pengelolaan sampah,limbah dan daur ulang, sektor real estat, sektor industri pengolahan, sektor transportasi dam pengundangan, sektor informasi dan komunikasi, sektor jasa lainnya, sektor jasa pendidikan, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial, sektor perdaganggan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor, sektor administrasi pemerintah, pertahanan dan jaminan sosial wajib, sektor kontruksi, sektor penggadaan listrik dan gas dan sektor penyediaan akomodasi makanan dan minuman . Hal ini mengidentifikasi adanya perubahan struktur perekonomian di Kota Padang.
Hasil tersebut menyatakan bahwa pemerintah Kota Padang harus mengoptimalkan sektor unggulan yang ada dalam upaya meningkatkan pertumbuhan perekonomian dapat bertahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah juga diharapkan memberikan peraturan yang tepat agar dapat memberi kemajuan untuk sektor yang unggul maupun sektor yang terbelakang.
Kata kunci :Sektor Basis, Pertumbuhan Ekonomi Regional, PDRB

Published

2018-08-24