PENGARUH KETERSEDIAN INFRASTRUKTUR JALAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI KECAMATAN LEMBAH MELINTANG KABUPATEN PASAMAN BARAT

Authors

  • Dika utama
  • Erni Febrina Harahap
  • nurul huda

Abstract

INTISARI

           

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh ketersedian infrastruktur jalan terhadap pertumbuhan eknomomi. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dibutuhkan kualitas infrastruktur jalan. Pengembangan infrastruktur harus secara terus menerus dilakukan dan harus diselaraskan dengan kemajuan ekonomi yang telah dicapai dan yang ingin diwujudkan pada masa depan (Sukirno, 2006).

Teori pada penelitian ini menggunakan teori pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur jalan. Pertumbuhan   ekonomi   merupakan upaya  peningkatan   kapasitas produksi  untuk  mencapai  penambahan output,  yang  diukur  menggunakan Produk  Domestik  Bruto  (PDB)  maupun  Produk  Domestik  Regional  Bruto (PDRB) dalam suatu wilayah (Adisasmita, 2013). Infrastruktur jalan sebagai salah satu infrastruktur pangangkutan berperan dalam merangsang produktifitas ekonomi karena ketersediaan jalan akan meminimalkan modal komplementer sehingga proses produksi dan distribusi akan lebih efisien. Jalan menurut statusnya dikelompokkan ke dalam jalan provinsi, jalan kabupaten, jalan kota, dan jalan desa (Sjafrizal, t.th).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat tahun  2017 yang berjumlah ‎37.510 jiwa  Dalam penelitian ini, peneliti menentukan sampel berdasarkan perhitungan statistic dengan menggunakan Rumus Slovin, diperoleh sample 100 jiwa. Pengujian hipotesis mengguna Analisis Regresi Linear Berganda.

Dalam penelitian ini menggunakan dua Hipotesis. Hasil yang diperoleh menunjukan variabel infrastruktru jalan propinsi dan kabupaten berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat Kecamatan Lembah Malintang Kabupaten Pasaman. Hal ini ddasarkan pada Uji Hipotesis seara simultan dengan menggunakan Uji F, dimana secara simultan diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (24,466 > 3,09) dengan nilai signifikansi (sig.) 0,000 < α 0,05, berarti infrastruktur jalan propinsi (X1) dan Infrastruktur jalan kabupaten (X2) berpengaruh terhadap Pertumbuhan ekonomi (Y).

Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan infrastruktur jalan propinsi dan kabupaten memiliki pengaruh terhadap petumbuhan ekonomi masyarakat Kecamatan Lembah Malingang Kabupaten Pasaman

Kata Kunci: Pengaruh, Infrastruktur Jalan Propinsi, Infrastruktur Jalan Kabupaten, Pertumbuhan Ekonomi.

Published

2018-08-24