ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI SEPEDA MOTOR DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Authors

  • Ashabal khairi
  • Erni Febrina Harahap
  • Helmawati Helmawati

Abstract

Intisari 

Penjualan motor menurun dari tahun ke tahun, pada tahun 2012 terdapat 39.428 unit mengalamipenurunan hingga tahun 2016 yaitu 34.822 unit. Sedangkan penjualan motor pindah tangan mengalami penurunan periode 2012-2016, penurunan terjadi dari tahun 2013 sampai tahun 2014 yaitu 784 unit, kemudian mengalami kenaikan tahun 2015 yaitu 798 unit dan kemudian mengalami penurunan pada tahun 2016 yaitu 751 unit.Kota Pariaman saat ini telah menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, pendidikan dan lain-lain.Aktivitas diberbagai sektor menarik mobilitas penduduk dari wilayah Kota Pariaman itu sendiri.Mobilitas yang tinggi membuat sistem transportasi menjadi sangat penting, baik pengangkutan barang maupun orang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi minat membeli berhubungan dengan perasaan dan emosi, bila seseorang merasa senang dan puas dalam membeli barang atau jasa akan memperkuat minat membeli, ketidak puasan biasanya menghilangkan minat (Basu Swasta dan Irawan, 2001 ). Harga (price) adalah jumlah semua nilai yang diberikan oleh pelanggan untuk mendapatkan keuntungan dari memiliki atau menggunakan suatu produk atau jasa (Philip Kolter, 2008). Aaker (2009) asosiasi yang tergabung dalam sebuah merek dapat membantu proses peningkatan kembali tentang informasi yang berkaitan dengan produk yang sesuai dengan proses pembuatan kualitas produk sehingga keputusan untuk membeli suatu barang dipengaruhi merek yang akan meningkatkan jumlah permintaan suatu barang.
Sesuai dengan data yang diperlukan untuk melakukan penelitian ini, maka digunakan model regresi linear berganda untuk menghitung besarnya pengaruh variabel bebas yaitu pendapatan (YP1), harga (P2), merek (M3), promosi (PM4) terhadap variable terikat yaitu minat beli (MB).
Kesimpulan pada penelitian ini adalah secara parsial menunjukkan bahwa merek dan promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli sedangkan pendapatan dan harga Tidak Memiliki Pengaruh Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Di Kab. Padang pariaman
Kata Kunci: Minat Beli, Pendapatan, Merek dan Promosi

Published

2018-08-24